Debat Kedua, Pramono-Rano Janji Akan Gratiskan Penerima KJP Masuk Monas hingga Ragunan

Menurut Pramono, penerima KJP rata-rata belum pernah melihat sejumlah tempat wisata yang dimiliki Jakarta, seperti Monas, TMII, Ancol, museum-musem, dan hingga Taman Margasatwa Ragunan.

oleh Nafiysul QodarDelvira Hutabarat diperbarui 27 Okt 2024, 19:58 WIB
Diterbitkan 27 Okt 2024, 19:57 WIB
Pramono Anung dan Rano Karno di Debat Kedua Pilgub Jakarta
Cagub-Cawagub nomor urut 3 Pramono Anung dan Rano Karno menyampaikan visi misi pada debat kedua Pilgub Jakarta. (Foto: Youtube KPU Provinsi DKI Jakarta)

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur (Cagub) Jakarta nomor urut 3 Pramono Anung menyampaikan pemaparan visi dan misi dalam debat kedua Pilgub Jakarta yang digelar di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara, Minggu (27/10/2024) malam.

Dalam pemaparannya, Pramono yang didampingi Cawagub Jakarta nomor urut 3 Rano Karno menyampaikan bahwa pihaknya telah berkeliling di lebih 125 titik Jakarta. Dari blusukan tersebut, Pramono menyimpulkan bahwa persoalan utama Jakarta yang harus ditangani adalah perbedaan atau disparitas kaya dan miskin.

Karena itu, dia berjanji apabila diberi amanah masyarakat untuk memimpin Jakarta, maka hal pertama yang akan dilakukan adalah bekerja sungguh-sungguh untuk mengentaskan kemiskinan. Salah satunya lewat program Kartu Jakarta Pintar hingga pembangunan RSUD di daerah padat penduduk.

"Untuk itu, pertama KJP sangat diharapkan oleh warga Jakarta. Pengurusan KJP tak lagi terpusat di Rawa Bunga, penyelesaiannya harus selesai di 44 kecamatan di Jakarta," ujar Pramono di arena debat kedua.

Menurut dia, penerima KJP rata-rata belum pernah melihat sejumlah tempat wisata yang dimiliki Jakarta, seperti Monas, TMII, Ancol, museum-musem, dan hingga Taman Margasatwa Ragunan.

"Untuk itu penerima KJP akan kami gratiskan masuk ke tempat-tempat tersebut," ucap Pramono.

Tak hanya itu, Pramono dan Rano Karno juga akan membuat kebijakan baru terkait Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU). Pramono ingin penerima KJMU bisa mendapatkan beasiswa hingga lulus kuliah.

"Secara khusus KJMU tidak dievaluasi setiap tahun. Mereka akan mendapatkan langsung sampai selesai kuliahnya ditanggung oleh pemerintah," ucap Pramono Anung.

 

Alasan KPU Pindahkan Lokasi Debat Kedua

Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur nomor 3 Pramono Anung-Rano Karno saat membacakan visi misi di debat kedua Pilgub Jakarta 2024.
Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur nomor 3 Pramono Anung-Rano Karno saat membacakan visi misi di debat kedua Pilgub Jakarta 2024. (Tangkapan Layar YouTube KPU Jakarta)

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta telah mengumumkan susunan dua moderator dan tujuh panelis untuk debat kedua Pilkada Jakarta 2024 yang bakal digelar malam ini, Minggu (27/10/2024).

Hal tersebut diumumkan Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU DKI Jakarta, Astri Megatari. Dua moderator debat kedua Pilgub Jakarta 2024 merupakan presenter dari media swasta nasional yang berbeda.

Sementara itu, ketujuh panelis debat kedua Pilkada Jakarta 2024 terdiri atas akademisi dan praktisi dari berbagai sektor yang relevan dengan tema debat. Adapun tema debat kedua yaitu ekonomi dan kesejahteraan sosial.

Lebih lanjut, Astri juga menerangkan alasan pihaknya memindahkan lokasi debat kedua Pilgub Jakarta 2024 yang semula direncanakan di Ecovention, Ancol menjadi Beach City International Stadium, Ancol. Dia mengatakan ada kegiatan lain di lokasi awal yang menghadirkan keramaian.

"Pertimbangannya karena di dekat Ecovention ternyata ada acara festival yang penontonnya diperkirakan 20 ribu orang," kata Astri dalam keterangannya, dikutip Minggu (27/10/2024). 

Daftar Moderator dan Panelis Debat Kedua

Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur nomor 3 Pramono Anung-Rano Karno saat debat kedua Pilgub Jakarta 2024.
Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur nomor 3 Pramono Anung-Rano Karno saat debat kedua Pilgub Jakarta 2024. (Tangkapan Layar YouTube KPU Jakarta)

Kemudian, Astri memastikan tidak ada perubahan susunan acara antara debat pertama dan kedua Pilkada Jakarta 2024. Debat pilkada akan dimulai pada pukul 19.00 WIB.

"Susunan acara tidak ada perubahan tetap 6 segmen, dengan pembagian segmen sama seperti debat pertama," ucap Astri.

Dua moderator untuk debat kedua Pilgub Jakarta 2024:

1. Frisca Clarissa

2. Rivana Pratiwi

Tujuh panelis debat kedua Pilgub Jakarta 2024:

1. Dr.dr.Taufiq F Pasiak, M.Kes., M.Pd.I., MH

2. Dr. Tauhid Ahmad

3. Timboel Siregar, SSi, SH, MM

4. Dimas Oky Nugroho, S.IP, M.Phil., Ph.D

5. Prof. Dr. Arif Satria, S.P, M.Si

6. Felicia Putri Tjiasaka, B.Sc, CFA

7. Dr. M. Imdadun Rahmat, M.Si

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya