FOTO: Ritual Tahun Baru Para Juara Sumo di Jepang

oleh Arny Christika Putri, diperbarui 10 Jan 2019, 13:00 WIB
Diterbitkan 10 Jan 2019 13:00 WIB
Ritual Tahun Baru Sumo di Jepang
Di Jepang, penyambutan tahun baru melibatkan upacara mengentak kaki di Kuil Meiji oleh pesumo.
Foto 1 dari 6
Ritual Tahun Baru Sumo di Jepang
Sang Yokozuna, Hakuho dari Mongolia melakukan upacara mengentakkan kaki di Kuil Meiji, Tokyo, 8 Januari 2019. Acara tradisional yang merupakan ritual Shinto ini menjadi bagian dari perayaan Tahun Baru tahunan di kuil tersebut. (Toshifumi KITAMURA/AFP)
Foto 2 dari 6
Ritual Tahun Baru Sumo di Jepang
Juara Grand Sumo, Kisenosato (kedua depan) memasuki lapangan untuk melakukan upacara mengentakkan kaki menyambut tahun baru di Kuil Meiji, Tokyo, 8 Januari 2019. Ritual penyambutan tahun baru itu melibatkan tiga juara pegulat sumo (Toshifumi KITAMURA/AFP)
Foto 3 dari 6
Ritual Tahun Baru Sumo di Jepang
Juara Grand Sumo, Kakuryu (keempat kanan) tiba untuk melakukan upacara mengentakkan kaki menyambut tahun baru di Kuil Meiji, Tokyo, 8 Januari 2019. Ritual penyambutan tahun baru itu melibatkan tiga juara pegulat sumo. (Toshifumi KITAMURA/AFP)
Foto 4 dari 6
Ritual Tahun Baru Sumo di Jepang
Juara Grand Sumo, Hakuho dari Mongolia melakukan upacara mengentakkan kaki di Kuil Meiji, Tokyo, 8 Januari 2019. Acara tradisional yang merupakan ritual Shinto ini menjadi bagian dari perayaan Tahun Baru tahunan di kuil tersebut. (Toshifumi KITAMURA/AFP)
Foto 5 dari 6
Ritual Tahun Baru Sumo di Jepang
Juara Grand Sumo, Kakuryu (tengah) melakukan upacara mengentakkan kaki di Kuil Meiji, Tokyo, 8 Januari 2019. Acara tradisional yang merupakan ritual Shinto ini menjadi bagian dari perayaan Tahun Baru tahunan di kuil tersebut. (Toshifumi KITAMURA/AFP)
Foto 6 dari 6
Ritual Tahun Baru Sumo di Jepang
Juara Grand Sumo, Hakuho (kedua kiri) melakukan upacara mengentakkan kaki di Kuil Meiji, Tokyo, 8 Januari 2019. Acara tradisional yang merupakan ritual Shinto ini menjadi bagian dari perayaan Tahun Baru tahunan di kuil tersebut. (Toshifumi KITAMURA/AFP)