FOTO: Gunung Nyiragongo Meletus, Langit Kota di Kongo Memerah

oleh Arny Christika Putri, diperbarui 23 Mei 2021, 10:00 WIB
Diterbitkan 23 Mei 2021 10:00 WIB
Gunung Nyiragongo
Gunung Gunung Nyiragongo, di Goma, Kongo, pertama kali meletus dalam hampir 20 tahun, pada Jumat, 22 Mei 2021 malam, langit pun berubah merah.
Foto 1 dari 7
Gunung Nyiragongo
Siluet dua orang terlihat saat langit malam berubah menjadi merah akibat letusan Gunung Nyiragongo, di Goma, Kongo, Sabtu (22/5/2021). Gunung berapi Nyiragongo meletus pada Sabtu (22/5) malam memicu warga kota Goma melarikan diri menuju perbatasan dengan Rwanda. (AP Photo/Justin Kabumba)
Foto 2 dari 7
Gunung Nyiragongo
Orang-orang menyaksikan Gunung Nyiragongo yang meletus di Goma, Kongo, Sabtu (22/5/2021). Gunung Nyiragongo di Kongo meletus untuk pertama kalinya dalam hampir dua dekade pada Sabtu, mengubah langit malam menjadi merah menyala dan mengirimkan lahar ke jalan raya utama. (@officialraphaelileso via AP)
Foto 3 dari 7
Gunung Nyiragongo
Orang-orang mengungsi karena langit malam berubah merah akibat letusan Gunung Nyiragongo di Goma, Kongo, Sabtu (22/5/2021). Gunung Nyiragongo terakhir meletus pada 17 Januari 2002, menewaskan lebih dari seratus orang dan menutupi hampir semua bagian timur Goma dengan lahar. (AP Photo/Justin Kabumba)
Foto 4 dari 7
Gunung Nyiragongo
Penduduk meninggalkan kota menyusul aktivitas mendadak gunung berapi Nyiragongo di Goma, Kongo, Sabtu (22/5/2021). Akibat gunung Nyiragongo meletus, listrik pun terputus di sebagian besar kota ketika ratusan penduduk mulai meninggalkan rumah mereka dengan berjalan kaki. (Guerchom Ndebo/AFP)
Foto 5 dari 7
Gunung Nyiragongo
Pandangan umum pada 22 Mei 2021 di Goma di sebelah timur Republik Demokratik Kongo ini menunjukkan api yang menyembur dari gunung berapi Nyiragongo. Kilauan erupsi Gunung Nyiragongo mewarnai merah langit malam di atas kota tepi danau berpenduduk sekitar 2 juta jiwa tersebut. (Moses Sawasawa/AFP)
Foto 6 dari 7
Gunung Nyiragongo
Pemandangan pada 22 Mei 2021 dari Pulau Tchegera di luar Goma di danau Kivu di sebelah timur Republik Demokratik Kongo menunjukkan semburan api dari gunung berapi Nyiragongo. Misi PBB ke RD Kongo sebelumnya mengirim helikopter "di atas zona itu dan mengonfirmasi letusan tersebut." (Alex Miles/AFP)
Foto 7 dari 7
Gunung Nyiragongo
Pemandangan pada 22 Mei 2021 dari Pulau Tchegera di luar Goma di danau Kivu di sebelah timur Republik Demokratik Kongo menunjukkan semburan api dari gunung berapi Nyiragongo. Ahli vulkanologi yang berbasis di Goma, Dario Tedesco, mengatakan retakan baru sedang terbuka di Nyiragongo. (Alex Miles/AFP)