FOTO: Abu Gunung Berapi Bulusan Selimuti Rumah dan Jalan-Jalan di Filipina

oleh Arny Christika Putri, diperbarui 05 Jun 2022, 18:00 WIB
Diterbitkan 05 Jun 2022 18:00 WIB
Gunung Bulusan Filipina
Gunung berapi Bulusan, yang terletak di Provinsi Sorsogon, Filipina, mengalami Letusan freatik, pada Minggu (5/6/2022)
Foto 1 dari 8
Gunung Bulusan Filipina
Foto udara rumah-rumah yang tertutup abu setelah letusan Gunung Bulusan secara tiba-tiba, di Kota Juban, Provinsi Sorsogon, selatan Manila, Filipina, Minggu (5/6/2022). Gunung Bulusan di Filipina mengalami erupsi dan memuntahkan abu vulkanik hingga membuat pemerintah setempat mengevakuasi masyarakat dari kota-kota yang tertutup abu.(SHARBYN SAYAT / AFP)
Foto 2 dari 8
Gunung Bulusan Filipina
Petugas Pengurangan Risiko Bencana Provinsi memandu kendaraan yang melewati jalan raya kota Juban, Provinsi Sorsogon, pasca erupsi Gunung Bulusan secara tiba-tiba pada Minggu (5/6/2022). Menurut Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina, letusan Gunung Berapi Bulusan terjadi pada Minggu (5/6) selama sekitar 17 menit. Gumpalan abu menyebar setidaknya sejauh satu kilometer. (SHARBYN SAYAT / AFP)
Foto 3 dari 8
Gunung Bulusan Filipina
Warga menggunakan air untuk membersihkan abu dari depan tempat tinggal mereka setelah letusan Gunung Bulusan secara tiba-tiba,, di kota Juban, Provinsi Sorsogon, selatan Manila, Filipina, Minggu (5/6/2022). Abu menyelimuti dua kota di Sorsogon, sekitar 500 kilometer selatan Ibu Kota Manila, sementara laporan mengenai korban luka belum ditemukan. (SHARBYN SAYAT / AFP)
Foto 4 dari 8
Gunung Bulusan Filipina
Foto selebaran yang diambil dan dirilis pada 5 Juni 2022 menunjukkan rumah-rumah dan vegetasi yang tertutup abu di kota Juban, provinsi Sorsogon, Filipina, setelah gunung berapi Bulusan meletus dan mengirimkan gumpalan abu ke daerah tersebut. Di Kota Juban, dua desa mengalami "visibilitas nol" karena abu yang tebal. (Handout / Sorsogon Provincial Public Information Office / AFP)
Foto 5 dari 8
Gunung Bulusan Filipina
Foto selebaran yang diambil dan dirilis pada 5 Juni 2022 menunjukkan rumah-rumah dan vegetasi yang tertutup abu di kota Juban, provinsi Sorsogon, Filipina, setelah gunung berapi Bulusan meletus dan mengirimkan gumpalan abu ke daerah tersebut. Evakuasi sedang berlangsung di sana, tetapi prioritas adalah warga lanjut usia dan mereka yang menderita asma. (Handout / Sorsogon Provincial Public Information Office / AFP)
Foto 6 dari 8
Gunung Bulusan Filipina
Foto selebaran pada 5 Juni 2022 menunjukkan kendaraan melaju di sepanjang jalan yang dipenuhi abu di kota Juban, provinsi Sorsogon, Filipina, setelah gunung berapi Bulusan meletus dan mengirimkan gumpalan abu ke daerah tersebut. Pihak berwenang menaikkan peringatan menjadi level satu pada sistem lima level yang menunjukkan "keresahan tingkat rendah". (Handout / Sorsogon Provincial Public Information Office / AFP)
Foto 7 dari 8
Gunung Bulusan Filipina
Foto selebaran pada 5 Juni 2022 menunjukkan rumah-rumah dan vegetasi yang tertutup abu di kota Juban, provinsi Sorsogon, Filipina, setelah gunung berapi Bulusan meletus dan mengirimkan gumpalan abu ke daerah tersebut. Otoritas Bandara Manila mengatakan sejauh ini tidak ada penerbangan yang terkena dampak letusan. (Handout / Sorsogon Provincial Public Information Office / AFP)
Foto 8 dari 8
Gunung Bulusan Filipina
Foto selebaran yang diambil dan dirilis pada 5 Juni 2022 menunjukkan kendaraan melaju melewati rumah-rumah dan vegetasi yang tertutup abu di kota Juban, provinsi Sorsogon, Filipina, setelah gunung berapi Bulusan meletus dan mengirimkan gumpalan abu ke daerah tersebut. (Handout / Sorsogon Provincial Public Information Office / AFP)