Pesona Dian Sastrowardoyo Pakai Kebaya Kembang Enggak Ada Lawan, No Debat

oleh Wayan Diananto, diperbarui 30 Jul 2022, 14:20 WIB
Diterbitkan 30 Jul 2022 14:20 WIB
Dian Sastrowardoyo dan kebaya.
Belakangan Dian Sastrowardoyo kerap mengunggah foto berkebaya kala menghadiri sejumlah kegiatan. Ia ingin kebaya jadi warisan budaya tak benda dari Indonesia.
Foto 1 dari 5
Dian Sastrowardoyo dan kebaya.
Belakangan Dian Sastrowardoyo rajin pakai kebaya. Momen berkebaya dalam sejumlah kegiatan diunggah bintang film Ada Apa Dengan Cinta? di akun Instagram terverifikasinya. Kebaya yang digunakan beragam motif, model, dan warna dari lengan pendek hingga panjang. Dian Sastrowardoyo salah satu artis yang mendukung pengajuan kebaya sebagai warisan budaya tak benda dari Indonesia ke UNESCO. (Foto: Dok. Instagram @therealdisastr)
Foto 2 dari 5
Dian Sastrowardoyo dan kebaya.
Kebaya dengan warna dasar putih ini terasa dinamis berkat sejumlah motif kembang yang tersebar di beberapa titik. Ini hasil kolaborasi Dian Sastrowardoyo dengan lini busana Sejauh Mata Memandang. “Dalam setiap benih yang kita tanam, kita juga menanam harapan. Koleksi ini memasukkan berbagai elemen berkebun ke dalam motif pakaian, sebagai sebuah ajakan untuk lebih mencintai bumi dengan cara menanam dan hidup selaras dengan alam,” jelasnya pada April 2022.
Foto 3 dari 5
Dian Sastrowardoyo dan kebaya.
Masih pada April 2022, Dian Sastrowardoyo mengunggah foto posenya mengenakan kebaya lengan panjang dengan latar hitam. Riasan wajahnya minimalis, rambut dibiarkan tergerai. Meski begitu kebaya ini terasa meriah dengan sejumlah motif mahkota kembang yang menempel di banyak titik. Unggahan ini disertai tagar I want to wear kebaya on a daily basis.
Foto 4 dari 5
Dian Sastrowardoyo dan kebaya.
Dian Sastrowardoyo tampaknya benar-benar jatuh hati pada kebaya kembang. Unggahan pada bulan Juni 2022 ini buktinya. “Kebaya kembang is lyfe,” ibu dua anak ini mencuit. Kontan saja, kolom komentar akun Instagramnya kebanjiran apresiasi positif. “Jowo pride,” cetus akun @bag****. “Ku suka kebaya kembaaang,” akun @ney**** menimbrung.
Foto 5 dari 5
Dian Sastrowardoyo dan kebaya.
“Kebaya kembang, kebaya lawas,” tulis Dian Sastrowardoyo seraya mengunggah kebaya motif kembang warna-warni, September 2021. Unggahan ini disukai lebih dari 56 ribu orang. Sang aktris tampak lebih muda dan segar berkat kebaya ini. “Kalau liat kak dian pakai kebaya seperti ini yg aku pikirkan ini representatif dari identitas Indonesia,” @ayu**** mencuap di kolom komentar.