Maulana Ardiansyah, Penyanyi Aliran Ska Reggae Langganan Trending di YouTube Kecewa Konsepnya Dijiplak

oleh Wayan Diananto, diperbarui 11 Agu 2022, 14:20 WIB
Diterbitkan 11 Agu 2022 14:20 WIB
Maulana Ardiansyah. (Foto: Dok. Instagram @maulanaardiansyah_)
Maulana Ardiansyah kini memuncaki daftar trending kategori musik di YouTube lewat kover lagu "Tiara" dengan aransemen ska reggae yang tengah populer.
Foto 1 dari 5
Maulana Ardiansyah Langganan Trending di YouTube
Belakangan tiada minggu tanpa kehadiran solis Maulana Ardiansyah dalam daftar trending kategori musik di YouTube. Pekan ini misalnya, ia memuncaki trending dengan lagu kover “Tiara.” Sebelumnya ada, “Dermaga Biru,” “Terlalu Sadis,” dan “Luka Sekerat Rasa” yang disambut hangat para pencinta musik. Semua lagu itu dikover dengan aransemen musik ska reggae. Apa itu? (Foto: Dok. Instagram @maulanaardiansyah_)
Foto 2 dari 5
Maulana Ardiansyah Langganan Trending di YouTube
Melansir dari akun Instagram terverifikasinya, Rabu (10/8/2022), Maulana Ardiansyah dan Agi Sugiyanto mengulas fenomena ska reggae yang belakangan kerap trending di YouTube. Ska reggae adalah konsep live panggung dengan tiga pemain yakni, Imam (bass), Nanang (gitar) dan Pepen (drum). Penyanyinya, Maulana Ardiansyah. Namun ia bukan yang pertama mengusung genre ini. (Foto: Dok. Instagram @maulanaardiansyah_)
Foto 3 dari 5
Maulana Ardiansyah Langganan Trending di YouTube
Penyanyi lain yang pernah mengisi panggung live ska reggae, yakni Wandra, Dara Ayu, Dimas Salamun, Nabila, hingga Syahiba Saufa. Ide awalnya sebenarnya sederhana. “Bagiamana kita pingin menyajikan konsep musik yang simpel, enggak terlalu rumit, tapi tetap enak buat joged. Sebelum produksi, kita sudah persiapkan lagu2nya, dan setiap lagu kita breakdown konsep dan garapannya,” cuitnya. (Foto: Dok. Instagram @maulanaardiansyah_)
Foto 4 dari 5
Maulana Ardiansyah Langganan Trending di YouTube
“Konsep itu kadang kita koordinasikan dengan pimpro, kadang kita sembunyikan semata2 untuk memberi kejutan di atas panggung. Maulana dan @masbray666_ saya tugaskan untuk mencari lagu yang pas,” Agi menjelaskan. “Satu per satu, lagu kita bedah mulai dari konsep aransemennya, sampai gimic2 panggungnya. Kita selalu up to date, dengan apa yg sedang rame di sosmed. Tapi kadang kita menciptakan gimic baru, yang akhirnya menjadi trend setter,” imbuhnya. (Foto: Dok. Instagram @maulanaardiansyah_)
Foto 5 dari 5
Maulana Ardiansyah Langganan Trending di YouTube
Hasilnya tak main-main. Hampir 10 lagu viral dan saat ini masih nongkrong di daftar trending. Ketika konsep ini “difotokopi” penyanyi dan perusahaan rekaman lain, Maulana Ardiansyah di sela konser Dream Theatre di Stadion Manahan Solo melontar kekecewaan. “Kata saya, sesuatu yg booming, pasti akan banyak yg niru dan mengikuti. Sesuatu yang alami. Ketika mereka masih sibuk mempelajari dan mengikuti konsep kita, kita sudah bergerak maju mencari konsep baru yg lebih keren. Percayalah, kreatifitas itu tidak terbatas,” cuitnya. (Foto: Dok. Instagram @maulanaardiansyah_)