Vino Bastian dan Deretan Aktor Tanah Air yang Perankan Tokoh Utama Seorang Ustaz

oleh Ruly Riantrisnanto, diperbarui 29 Okt 2022, 14:40 WIB
Diterbitkan 29 Okt 2022 14:40 WIB
Vino G. Bastian dan Marsha Timothy di Lokasi Syuting Film Qodrat.
Vino Bastian kini sedang tampil dalam film bergenre horor laga berjudul Qodrat. Salah satu keunikan Qodrat adalah banyaknya hal-hal bertema kearifan lokal serta elemen-elemen religi di dalamnya. Bahkan, Vino memerankan karakter utama bernama seorang ustaz bernama Qodrat. Sebelum Vino, terdapat beberapa nama aktor lain yang memerankan karakter utama seorang ustaz.
Foto 1 dari 6
Sang Pencerah. (Foto: Dok. MVP Pictures/ IMDb)
Sang Pencerah. Sosok Ahmad Dahlan, pendiri Muhammadiyah, diperankan oleh Lukman Sardi di film Sang Pencerah (2010). Di masa lalu, Ahmad Dahlan dianggap menyebarkan aliran sesat karena menunjukkan arah kiblat yang benar hingga membuka sekolah modern seperti Belanda. Namun Ahmad Dahlan tak pantang menyerah. Organisasi Muhammadiyah didirikan untuk mendidik umat Islam agar berpikiran maju sesuai perkembangan zaman. Nonton film Sang Pencerah selengkapnya di Netflix. (Foto: Dok. MVP Pictures/ IMDb)
Foto 2 dari 6
Deva Mahenra
Deva Mahenra juga sempat memerankan seorang ustaz berperawakan kalem dalam film 99 Nama Cinta. Di sini ia harus mengajari ilmu agama kepada seorang wanita karier yang diperankan Acha Septriasa. (Foto: MNC Pictures)
Foto 3 dari 6
Donny Alamsyah di Film Negeri 5 Menara
Donny Alamsyah yang kini dikenal sebagai pribadi religius, pernah memerankan karakter seorang ustaz dalam Film Negeri 5 Menara yang rilis 2012 lalu. Donny menjadi karakter dewasa utama, sementara bintang utama film ini adalah para aktor belia. Menariknya, dalam satu adegan Donny tampak menghayati perannya dari film laga The Raid yang rilis pada tahun sebelumnya. (Foto: Million Pictures)
Foto 4 dari 6
Dude Harlino dalam film Dalam Mihrab Cinta
Dude Harlino juga sempat menjadi karakter tokoh utama seorang ustaz untuk film Dalam Mihrab Cinta. Karakternya ini dikisahkan selalu memiliki permasalahan yang sangat kompleks. (SinemArt Pictures via indonesianfilmcenter.com)
Foto 5 dari 6
Vino G. Bastian dan Marsha Timothy di Lokasi Syuting Film Qodrat.
Beginilah gaya Vino Bastian selama syuting film Qodrat. Vino tampil bersama sang istri, Marsha Timothy. (Foto: Dok. Magma Entertainment)
Foto 6 dari 6
Vino G. Bastian sebagai Buya Hamka. (Foto: Dok. Falcon Pictures)
Setelah tampil di Qodrat, Vino Bastian akan kembali menjadi seorang ulama. Namun kali ini, tokoh yang diperankannya sangatlah besar, yaitu Buya Hamka, seorang ulama, filsuf, dan sastrawan Indonesia era kemerdekaan yang dikenal sebagai Hamka. (Foto: Dok. Falcon Pictures)