Transformasi Suga BTS dari Min Yoongi hingga Agust D, Penuh Perjuangan Hidup

oleh Ratnaning Asih, diperbarui 15 Feb 2023, 16:40 WIB
Diterbitkan 15 Feb 2023 16:40 WIB
Suga BTS dalam unggahan Big Hit tanggal 16 Juni 2013. (Facebook/ BTS (방탄소년단))
Sebuah "bom" dijatuhkan Suga BTS pada Rabu (15/2/2023) dini hari waktu Korea Selatan. Ia mengumumkan tur konser sebagai Agust D, di sejumlah negara termasuk Indonesia. Agust D sendiri adalah nama panggung yang ia gunakan untuk proyek solonya--dan juga akun Instagram miliknya. Simak perjalanan sang rapper sebelum debut hingga menjadi Suga BTS dan Agust D.
Foto 1 dari 7
Suga BTS dalam video klip I'm da One dari Jo Kwon. (Tangkapan layar YouTube/ HYBE LABELS)
Sebelum debut, Min Yoongi (nama asli Suga) sudah meninggalkan jejak di dunia hiburan. Foto ini, adalah momen saat ia tampil di video musik Jo Kwon, "I'm da One." Dalam video klip tersebut, sejumlah anggota BTS seperti J-Hope, Jin, dan V juga ikut ambil bagian. (Tangkapan layar YouTube/ HYBE LABELS)
Foto 2 dari 7
Suga BTS dalam unggahan Big Hit tanggal 16 Juni 2013. (Facebook/ BTS (방탄소년단))
Min Yoongi akhirnya debut bersama BTS pada 12 Juni 2013. Dilansir dari Allkpop, nama ini diperoleh dari posisinya di tim basket masa sekolah, "shooting guard." Koreaboo menyebutkan salah satu cerita Suga, yang ternyata awalnya tak direstui sang ayah untuk menjadi idol. Sang ayah kala itu ingin Suga menjadi PNS. (Facebook/ BTS (방탄소년단))
Foto 3 dari 7
Suga BTS dalam unggahan Big Hit tanggal 27 Juni 2013. (Facebook/ BTS (방탄소년단))
Sebelum debut, Suga menghadapi banyak tantangan hidup, salah satunya berusaha mandiri dengan mencari uang sebagai kurir. Ia sempat mengalami kecelakaan saat menjalani pekerjaan ini, yang menyebabkan bahunya cedera. Bertahun-tahun kemudian, cedera ini kambuh dan menyebabkan sakit yang sangat mengganggu, sehingga Suga harus menjalani operasi. (Facebook/ BTS (방탄소년단))
Foto 4 dari 7
Suga BTS dalam foto konsep album The Most Beautiful Moment in Life, Pt. 2 (2015). (Facebook/ BTS (방탄소년단))
Setelah debut, Suga masih menghadai berbagai cobaan, mulai dari cedera telinga hingga sempat terlihat menggunakan penyangga lutut. Namun ia tetap menyapa ARMY dengan penuh optimisme. Salah satunya saat ia mengunggah foto kakinya yang dibalut banyak koyo, karena terlalu keras berlatih dance. "Kalau aku ingin mengalahkan musuhku yaitu dancing, maka aku harus berlatih sekeras ini kan?" kata dia dalam salah satu unggahannya. (Facebook/ BTS (방탄소년단))
Foto 5 dari 7
Suga BTS sebagai Agust D dalam video musik "Agust D." (YouTube/ HYBE LABELS)
Suga tak ingin bergantung kepada status sebagai member BTS, ia juga berkarya sebagai dirinya sendiri. Agust D akhirnya debut lewat mixtape pada 2016. “Aku membuat ‘DT Suga’ yang sebelumnya kugunakan di lirik secara terbalik. DT diartikan sebagai D Town (Kota D), mengacu pada kampung halamanku,” kata Suga dalam wawancara dengan Grazia, seperti dilansir dari Soompi. (YouTube/ HYBE LABELS)
Foto 6 dari 7
Suga BTS sebagai Agust D dalam video musik "Daechwita." (Big Hit Music via Soompi)
Agust D comeback lewat "Daechwita" pada 2020, yang sukses. Berbeda dengan mixtape pertamanya, Suga mengatakan mixtape keduanya yang bertajuk D-2 ini berbicara tentang dirinya masa kini. (Big Hit Music via Soompi)
Foto 7 dari 7
Suga BTS. (Instagram/ agustd)
Kini, Suga BTS bersiap untuk menggelar konser solo pertamanya. Di Indonesia, event ini akan digelar di ICE BSD Tangerang pada 26-28 Mei 2023. (Instagram/ agustd)