J-Hope Ultah ke-29, Yuk Simak Kilas Balik Perjalanan Karier Sang Member BTS Semasa Predebut

oleh Ratnaning Asih, diperbarui 18 Feb 2023, 07:00 WIB
Diterbitkan 18 Feb 2023 07:00 WIB
J-Hope BTS. (Big Hit Music via Facebook/ BTS (방탄소년단) )
Selamat ultah J-Hope BTS. Ya, pada hari ini, Sabtu (18/2/2023), ia berulang tahun ke-29. Hari spesial ini adalah momen yang pas untuk melakukan kilas balik atas perjalanan karier pria bernama Jung Ho Seok tersebut. Apalagi, film dokumenter mengenai debut solonya, J-Hope in The Box, baru saja tayang.
Foto 1 dari 6
J-Hope BTS. (Big Hit Music via Facebook/ BTS (방탄소년단) )
Dilansir dari Koreaboo, sebelum debut bersama BTS pada 2013, J-Hope adalah seorang dancer. Di kampung halamannya di Gwangju, ia bahkan bergabung dengan dance crew bernama “Neuron”. (Big Hit Music via Facebook/ BTS (방탄소년단) )
Foto 2 dari 6
J-Hope BTS. (Big Hit Music via Facebook/ BTS (방탄소년단) )
Karena kegemarannya nge-dance, J-Hope BTS, sempat menjalani audisi masuk JYP Entertainment. Ia lolos di saringan awal, tapi kemudian gugur. Ia kemudian menjalani audisi di Big Hit dan diterima, sehingga ia pindah ke Seoul untuk menjalani pelatihan. (Big Hit Music via Facebook/ BTS (방탄소년단) )
Foto 3 dari 6
J-Hope BTS. (Big Hit Music via Facebook/ BTS (방탄소년단) )
Selama masa trainee, J-Hope sudah sangat aktif. Ia sering terlihat tampil sebagai backup dancer untuk GLAM di lagu “Glamorous," dan “I’m Da One” dari Jo Kwon. Ia bahkan sempat bergabung sebagai rapper dalam "Animal" dari Jo Kwon. (Big Hit Music via Facebook/ BTS (방탄소년단) )
Foto 4 dari 6
J-Hope BTS. (Big Hit Music via Facebook/ BTS (방탄소년단) )
J-Hope hampir saja tidak ikut debut di BTS. Dalam salah satu episode Burn the Stage, disebutkan RM berusaha keras meyakinkan pihak Big Hit bahwa BTS butuh J-Hope. "Aku bilang pada mereka, kami butuh Jung Hoseok. Kami butuh Jung Hoseok, kami tak bisa lanjut tanpa dirinya," kata RM. (Big Hit Music via Facebook/ BTS (방탄소년단) )
Foto 5 dari 6
J-Hope BTS. (Big Hit Music via Facebook/ BTS (방탄소년단) )
J-Hope akhirnya berhasil debut bersama BTS. Di unggahan-unggahan awal Facebook resmi grup ini, ditampilkan sejumlah momen saat mereka menjadi "rookie" yang baru menetas. Salah satunya adalah foto ini, yang memperlihatkan keseriusan J-Hope dan Jimin, memantau performa BTS dalam geladi resik penampilan mereka di acara musik. (Big Hit Music via Facebook/ BTS (방탄소년단) )
Foto 6 dari 6
J-Hope in The Box (Disney Plus Hotstar)
Keseriusan dan profesionalitas J-Hope masih terasa hingga satu dekade setelah debut. Hal ini terlihat dalam dokumenter J-Hope in The Box yang tayang di Disney Plus Hotstar pada Jumat (17/2/2023) kemarin. Dalam film ini, penggemar bisa menengok perjalanan J-Hope merilis materi solonya, dan penampilannya di Lollapalooza. (Disney Plus Hotstar)