Cuplikan Adegan dan Sinopsis Drakor Duty After School, Anak Sekolah Angkat Senjata Hadapi Invasi Alien

oleh Ratnaning Asih, diperbarui 31 Mar 2023, 17:00 WIB
Diterbitkan 31 Mar 2023 17:00 WIB
Duty After School. (Instagram/studiodragon.official)
Penggemar drama Korea kembali disuguhkan premis tentang anak sekolahan yang dipertemukan dalam kondisi apokaliptik. Dalam drakor bertajuk Duty After School yagn mulai tayang pada 31 Maret 2023, kali ini yang dihadapi para murid adalah alien.
Foto 1 dari 6
Duty After School. (Instagram/ tving.official)
Dilansir dari Soompi, drakor Duty After School yang ditayankan TVING ini diangat dari webtoon. Drakornya sendiri adalah kolaborasi sutradara Sung Yong Il yag sebelumnya menangani Mr. Temporary dan penulis Yoon Soo serta Lee Nam Kyu. (Instagram/ tving.official)
Foto 2 dari 6
Duty After School. (Instagram/ tving.official)
Duty After School mengisahkan tentang serangan dari makhluk luar angkasa yang tiba-tiba menginvasi bumi. Para siswa SMA pun didorong Departemen Pertahanan Korea Selatan untuk ikut bertempur di garda depan menghadapi alien, dengan iming-iming kuliah gratis. (Instagram/ tving.official)
Foto 3 dari 6
Duty After School. (Instagram/ tving.official)
Ada banyak pemain muda pendatang baru yang tampil dalam Duty After School. Beberapa di antaranya adalah Kim Ki Hae, Choi Moon Hee, Kim Su Gyeom, Yeo Joo Ha, Lee Yeon, Kwon Eun Bin, Moon Sang Min, dan masih banyak lagi. (Instagram/ tving.official)
Foto 4 dari 6
Duty After School. (Instagram/ tving.official)
Dalam webtoon aslinya, sang penulis ingin menghadirkan serangan alien ini sebagai metafora atas situasi tak jelas yang dihadapi para siswa. Mereka dipaksa belajar dengan keras hingga menjalani ujian, tanpa memiliki cita-cita dan tujuan yang sesungguhnya. Pesan serupa juga ditanamkan para penulis naskah dalam drakor ini. (Instagram/ tving.official)
Foto 5 dari 6
Duty After School. (Instagram/studiodragon.official)
"Anak-anak kelas 12 yang seharusnya dilindungi, pada akhirnya terpaksa mengangkat senjata di luar keinginan mereka karena didorong para orang dewasa. Sisi menarik drama ini, bukan soal katarsis atas kemenangan, tapi penggambaran nyata atas usaha setengah mati para siswa untuk bertahan dan terus tumbuh dewasa, melakukan perlawanan tanpa tahu siapa yang mereka lawan," kata penulis naskah Yoon Soo. (Instagram/studiodragon.official)
Foto 6 dari 6
Duty After School. (Instagram/studiodragon.official)
Penulis Lee Nam Kyu menyebut ada banyak genre yang diramu menjadi satu dalam Duty After School. "Tergantung siapa yang menontonnya, drakor ini bisa berubah dari cerita mengenai monster, drama sekolah, perang, cerita remaja yang tumbuh dewasa, dan lainnya," kata dia. (Instagram/studiodragon.official)