Cerita Suga BTS di Balik Amygdala, Lagu yang Penuh Kisah Masa Lalu nan Menyakitkan

oleh Ratnaning Asih, diperbarui 26 Apr 2023, 18:51 WIB
Diterbitkan 26 Apr 2023 18:51 WIB
Suga BTS. (Tangkapan layar YouTube/ HYBE LABELS)
Suga BTS membuat unggahan Instagram baru pada Selasa (25/4/2023) kemarin. Ia membagikan foto dirinya sedang berada di pinggir jalan dan underpass. Ia hanya menorehkan satu kata sebagai caption, "Amygdala."
Foto 1 dari 6
Suga BTS. (Instagram/ agustd)
"Amygdala" sendiri adalah salah satu judul lagu dalam album terbaru Suga, D-Day. Dalam film dokumenter SUGA: Road to D-Day, ia sempat menceritakan proses penciptaan lagu ini, yang ternyata sangat berat. (Instagram/ agustd)
Foto 2 dari 6
Suga BTS. (Instagram/ agustd)
Dalam film dokumenter ini, Suga BTS mengungkap kepada Jimin yang mengunjunginya, soal makna di balik kata "Amygdala. "Otak kita menyimpan memori tak menyenangkan di amygdala, jadi kita bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi situasi serupa pada masa mendatang," kata Suga dalam film ini. (Instagram/ agustd)
Foto 3 dari 6
Suga BTS. (Tangkapan layar YouTube/ HYBE LABELS)
"Aku sering mengalami perubahan mood saat mengerjakan lagu ini. Aku harus mengingat banyak memori tak menyenangkan," kata Suga BTS. Namun, ia tetap harus menghadapinya, karena hal ini menurutnya sangat penting. " Ini adalah bagian dari proses penyembuhannya. Mengingat, dan mengontrol memori tersebut," kata dia. (Tangkapan layar YouTube/ HYBE LABELS)
Foto 4 dari 6
Suga BTS. (Tangkapan layar YouTube/ HYBE LABELS)
Suga sendiri telah merilis video musik "Amygdala" pada 24 April lalu. Di lagu dan video klip ini, ia menuangkan sejumlah hal yang terjadi dalam hidupnya. Termasuk kecelakaan mobil yang ia alami, dan operasi jantung yang dijalani sang ibu. (Tangkapan layar YouTube/ HYBE LABELS)
Foto 5 dari 6
Suga BTS. (Tangkapan layar YouTube/ HYBE LABELS)
Suga BTS sendiri mengungkap rasa sakitnya ini dengan begitu terang-terangan. Bahkan video klipnya dimulai dengan peringatan pemicu, bahwa MV tersebut membahas soal upaya menyakiti diri sendiri. (Tangkapan layar YouTube/ HYBE LABELS)
Foto 6 dari 6
Suga BTS
Tak heran, ARMY atau penggemar BTS merasa begitu tersentuh dengan topik yang diangkat Suga dalam "Amygdala." "Aku bangga Yoongi berbagi banyak hal kepada kita, dan berhasil melawan sisi gelapnya," cuit seorang penggemar di Twitter, yang disukai lebih dari seribu warganet. (dok. tangkapan layar YouTube HYBE LABELS)