Jokowi Bahas Kerja Sama MRT hingga IKN Bersama PM Jepang di KTT G7

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 20 Mei 2023, 11:42 WIB
Diterbitkan 20 Mei 2023 11:05 WIB
Jokowi Kishida KTT G7
Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi bertemu Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dalam pertemuan bilateral mereka di sela-sela Pertemuan Pemimpin KTT G7 di Hiroshima, Jepang, Sabtu (20/5/2023). Jokowi mengatakan bahwa diperlukan percepatan terkait penyelesaian proyek pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) di Indonesia. Dia mengusulkan agar dilakukan penunjukan langsung kontraktor Jepang. Selain itu, dalam pertemuan tersebut juga dibahas mengenai IKN.
Foto 1 dari 5
Jokowi Kishida KTT G7
Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi (kiri) berjabat tangan dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dalam pertemuan bilateral mereka di sela-sela KTT G7 di Hiroshima, Jepang, Sabtu (20/5/2023). Jokowi menyampaikan apresiasi atas undangan dari pemerintah Jepang untuk Indonesia menghadiri KTT G7 di Hiroshima. (JAPAN POOL/JIJI PRESS)
Foto 2 dari 5
Jokowi Kishida KTT G7
Jokowi juga membahas sejumlah hal terkait peningkatan kemitraan kedua negara salah satunya, mengenai Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA). Indonesia berharap perundingan terkait IJEPA dapat diselesaikan pada September 2023. (JAPAN POOL/JIJI PRESS)
Foto 3 dari 5
Jokowi Kishida KTT G7
Selain itu, Jokowi dan PM Kishida juga membahas mengenai perdagangan Indonesia-Jepang. Menurut Jokowi, Indonesia telah memberikan fleksibilitas untuk produk pertanian dari Fukushima. (JAPAN POOL/JIJI PRESS)
Foto 4 dari 5
Jokowi Kishida KTT G7
Sedangkan terkait investasi, Jokowi mengatakan bahwa diperlukan percepatan terkait penyelesaian proyek pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) di Indonesia. Dia mengusulkan agar dilakukan penunjukan langsung kontraktor Jepang. (JAPAN POOL/JIJI PRESS)
Foto 5 dari 5
Jokowi Kishida KTT G7
"Terkait pembangunan IKN, saya menyambut baik penandatanganan 5 Nota Kesepahaman dengan JICA, JBIC, JCODE, JIBH & UR," ucap Jokowi. (JAPAN POOL/JIJI PRESS)