Jelang Pertemuan G20, Komando Pasukan Paramiliter India Latihan Keamanan Khusus di Danau Dal Srinagar

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 20 Mei 2023, 17:22 WIB
Diterbitkan 20 Mei 2023 16:45 WIB
Pengamanan G20 India
Komando pasukan paramiliter India melakukan latihan keamanan khusus saat persiapan jelang pertemuan G20 di Danau Dal, Srinagar, India, Sabtu (20/5/2023). India bersiap menjadi tuan rumah pertemuan pejabat pariwisata G20 di Kashmir. Pihak berwenang India mengerahkan komando elite dan meningkatkan keamanan di kota terbesar di kawasan yang disengketakan itu.
Foto 1 dari 9
Pengamanan G20 India
Komando pasukan paramiliter India melakukan latihan keamanan khusus saat persiapan jelang pertemuan G20 di Danau Dal, Srinagar, India, Sabtu (20/5/2023). (TAUSEEF MUSTAFA/AFP)
Foto 2 dari 9
Pengamanan G20 India
India bersiap menjadi tuan rumah pertemuan pejabat pariwisata G20 di Kashmir. Pihak berwenang India mengerahkan komando elite dan meningkatkan keamanan di kota terbesar di kawasan yang disengketakan itu. (TAUSEEF MUSTAFA/AFP)
Foto 3 dari 9
Pengamanan G20 India
Pertemuan tersebut akan menjadi acara internasional penting pertama di Kashmir sejak New Delhi mencabut wilayah semi-otonomi pada 2019. (TAUSEEF MUSTAFA/AFP)
Foto 4 dari 9
Pengamanan G20 India
Otoritas India berharap pertemuan tersebut menunjukkan perubahan kontroversial membawa perdamaian dan kemakmuran ke wilayah tersebut. (TAUSEEF MUSTAFA/AFP)
Foto 5 dari 9
Pengamanan G20 India
Sejak 2019 Kashmir yang dikenal dengan perbukitan kaki Himalaya menjadi tujuan wisata domestik. Sebagian besar hotel sudah dipesan selama berbulan-bulan sebelumnya. (TAUSEEF MUSTAFA/AFP)
Foto 6 dari 9
Pengamanan G20 India
Kashmir juga menarik jutaan pengunjung yang menikmati kedamaian janggal karena banyaknya pos keamanan, kendaraan lapis baja, dan tentara yang berpatroli. Demi pertemuan G20, kota tersebut merapikan pusat kota dan jalan menuju pusat konvensi di Danau Dal. (TAUSEEF MUSTAFA/AFP)
Foto 7 dari 9
Pengamanan G20 India
Sementara polisi meningkatkan keamanan, menempatkan penjagaan keamanan besar-besaran di sekitar lokasi. Pada Rabu (17/5/2023) komando angkatan laut membawa senjata di perahu karet berbaur dengan turis di gondola kuning kenari. (TAUSEEF MUSTAFA/AFP)
Foto 8 dari 9
Pengamanan G20 India
Pakar politik Asia Selatan University of Chicago, Paul Staniland mengatakan pertemuan G20 “sejalan dengan kebijakan pemerintah India untuk menunjukkan secara simbolis kenormalan dan stabilitas di Kashmir,” dan tidak adanya kemungkinan perubahan kebijakan. (TAUSEEF MUSTAFA/AFP)
Foto 9 dari 9
Pengamanan G20 India
Pakistan menguasai sebagian Kashmir tetapi, seperti India, negara itu mengklaim seluruh wilayah itu. Islamabad mengecam New Delhi karena mengadakan pertemuan di Srinagar. (TAUSEEF MUSTAFA/AFP)