Normalisasi Sungai Ciliwung Terhambat Pembebasan Lahan

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 29 Mei 2023, 18:31 WIB
Diterbitkan 29 Mei 2023 18:25 WIB
Sungai Ciliwung
Rencananya, proyek normalisasi Sungai Ciliwung di Jakarta dilanjutkan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kebijakan tersebut berdasarkan hasil kesepakatan Kementerian PUPR dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, tetapi hal itu masih terkendala masalah pembebasan lahan warga yang tinggal di bantaran sungai.
Foto 1 dari 7
Sungai Ciliwung
Suasana rumah penduduk di bantaran Sungai Ciliwung kawasan Manggarai, Jakarta, Senin (29/5/2023). Rencananya, proyek normalisasi Sungai Ciliwung di Jakarta dilanjutkan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). (Liputan6.com/Johan Tallo)
Foto 2 dari 7
Sungai Ciliwung
Kebijakan tersebut berdasarkan hasil kesepakatan Kementerian PUPR dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, tetapi hal itu masih terkendala masalah pembebasan lahan warga yang tinggal di bantaran sungai. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Foto 3 dari 7
Sungai Ciliwung
Normalisasi akan dilanjutkan pada sisi sungai di Kelurahan Cililitan, Jakarta Timur yang melintasi beberapa kelurahan di DKI Jakarta. Sejumlah kelurahan tersebut adalah Manggarai, Bukit Duri, Kebon Manggis, Kampung Melayu, Kampung Pulo, Kebon Baru, Bidara Cina, Cikoko, Cawang, Pengadegan, Rawajati, Cililitan, Gedong, Tanjung Barat, Balekambang, Pejaten Timur, Jagakarsa dan Pasar Minggu. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Foto 4 dari 7
Sungai Ciliwung
Normalisasi bertujuan untuk mengembalikan kondisi lebar Sungai Ciliwung menjadi 35-50 meter. Pekerjaan ini meliputi pembangunan tanggul, perkuatan tebing, serta pembangunan jalan inspeksi dengan lebar 6-8 meter di sepanjang tepi Ciliwung. Selain itu pekerjaan juga mencakup peningkatan kapasitas tampung alir dari 200 m3/detik menjadi 570 m3/detik hingga penataan kawasan. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Foto 5 dari 7
Sungai Ciliwung
Normalisasi Sungai Ciliwung merupakan salah satu langkah Ditjen SDA Kementerian PUPR untuk mencegah banjir. Langkah lain yang disiapkan adalah merampungkan dua bendungan kering yakni Bendungan Ciawi dan Sukamahi, menyelesaikan Sodetan Ciliwung, hingga membangun pompa air Sention berkapasitas 50 m3/detik. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Foto 6 dari 7
Sungai Ciliwung
Dengan adanya Normalisasi Ciliwung sepanjang 16,19 kilometer, maka area terdampak banjir akan berkurang menjadi 464 hektare. Sedangkan ditambah dua bendungan, wilayah terdampak banjir bisa berkurang menjadi 318 hektare. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Foto 7 dari 7
Sungai Ciliwung
Sebelumnya Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan Kementerian ATR/BPN dan Pemprov DKI Jakarta melanjutkan pembebasan lahan. Setelah itu Kementerian PUPR bisa langsung mengerjakan konstruksi di titik yang telah dibebaskan. Presiden berharap, dalam dua tahun atau hingga akhir 2024 normalisasi sepanjang 17 km dapat selesai. (Liputan6.com/Johan Tallo)