Pecahkan Rekor MURI, Begini Penampakan Patung Buddha Raksasa di Surabaya

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 02 Jun 2023, 14:05 WIB
Diterbitkan 02 Jun 2023 14:05 WIB
Patung Buddha Raksasa
Patung Buddha berukuran raksasa berdiri di Tunjungan Plaza Mall, Surabaya, Jawa Timur. Patung Buddha ini berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Patung Buddha atau rupang setinggi 12,3 meter ini dihadirkan untuk menyambut gelaran Vesak Festival 2023 dalam memeriahkan Hari Raya Waisak.
Foto 1 dari 7
Patung Buddha Raksasa
Patung Buddha berukuran raksasa berdiri di Tunjungan Plaza Mall, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (1/6/2023). Patung Buddha ini berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). (JUNI KRISWANTO/AFP)
Foto 2 dari 7
Patung Buddha Raksasa
Patung Buddha atau rupang setinggi 12,3 meter ini dihadirkan untuk menyambut gelaran Vesak Festival 2023 dalam memeriahkan Hari Raya Waisak. (JUNI KRISWANTO/AFP)
Foto 3 dari 7
Patung Buddha Raksasa
Patung Buddha tersebut berdiri ditempatkan alas berwarna emas berdiameter 4,2 meter, tangan kirinya diposisikan tepat di depan, sembari jari telunjuk dan ibu jari terlipat. Sedangkan, bagian jari tengah, manis, dan kelingking terbuka. (JUNI KRISWANTO/AFP)
Foto 4 dari 7
Patung Buddha Raksasa
Pada tingkatan kedua hingga bagian atas patung memiliki ukuran 3 meter. Warna emas dipilih sesuai tradisi Helenistik Yunani. Hal tersebut diambil untuk memberikan tampilan riil. (JUNI KRISWANTO/AFP)
Foto 5 dari 7
Patung Buddha Raksasa
Selain patung 12,3 meter, ada juga patung "Buddha Parinibbana" dengan panjang tiga meter dengan posisi tertidur menghadap ke arah kanan. Kemudian posisi tangan kanannya menempel pada bagian pipi. (JUNI KRISWANTO/AFP)
Foto 6 dari 7
Patung Buddha Raksasa
Terdapat tiga patung kecil lain yang ditempatkan di area masuk lokasi Vesak Festival 2023. Ketiganya berdiri di atas kolam air. (JUNI KRISWANTO/AFP)
Foto 7 dari 7
Patung Buddha Raksasa
Tiga patung Buddha ini menjadi simbol memperingati tiga peristiwa, yakni kelahiran, pencerahan, dan kematian. (JUNI KRISWANTO/AFP)