Memorial Day, Penghormatan Warga Korea Selatan untuk Tentara yang Gugur dalam Perang

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 06 Jun 2023, 10:06 WIB
Diterbitkan 06 Jun 2023 09:35 WIB
Memorial Day Korea Selatan
Memorial Day di Korea Selatan (Korsel) adalah peringatan yang ditetapkan untuk memberikan penghargaan tinggi pada prajurit yang telah gugur dalam perang. Sejarah peringatan ini bermula ketika terjadinya Perang Korea, yaitu perang antara Korea Selatan dan Korea Utara.
Foto 1 dari 4
Memorial Day Korea Selatan
Murid-murid taman kanak-kanak berdoa di depan nisan tentara yang gugur selama Perang Korea 1950-1953 pada malam Memorial Day Korea Selatan di Pemakaman Nasional, Seoul, Korea Selatan, Senin (5/6/2023). Memorial Day di Korea Selatan diperingati setiap tanggal 6 Juni tiap tahunnya. (AP Photo/Ahn Young-joon)
Foto 2 dari 4
Memorial Day Korea Selatan
Memorial Day di Korea Selatan adalah peringatan yang ditetapkan untuk memberikan penghargaan tinggi pada prajurit yang telah gugur dalam perang. Sejarah peringatan ini bermula ketika terjadinya Perang Korea, yaitu perang antara Korea Selatan dan Korea Utara. (AP Photo/Ahn Young-joon)
Foto 3 dari 4
Memorial Day Korea Selatan
Jauh sebelum terpisah, Korea merupakan satu kesatuan yang bernama Republik Korea. Pada akhir Perang Dunia II, Uni Soviet membagi Korea menjadi dua zona operasi. Korea Selatan ditempatkan di bawah administrasi Amerika Serikat dan Perserikatan Bangsa-Bangsa, sedangkan Korea Utara berada di bawah kendali Uni Soviet. (AP Photo/Ahn Young-joon)
Foto 4 dari 4
Memorial Day Korea Selatan
Namun masing-masing pihak tidak mau menerima pembagian batasan hingga kemudian terjadinya perang selama tiga tahun yang dikenal sebagai Perang Korea, yang juga menjadi perang pertama di mana PBB memainkan peran militer. (AP Photo/Ahn Young-joon)