Presiden Korea Selatan Peringati 68 Tahun Memorial Day di Pemakaman Nasional Seoul

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 06 Jun 2023, 11:05 WIB
Diterbitkan 06 Jun 2023 10:45 WIB
Peringatan Memorial Day Korea Selatan
Memorial Day atau Hari Peringatan diperingati setiap tanggal 6 Juni di Korea Selatan. Hari ini dimaksudkan untuk menghormati para prajurit yang gugur dalam Perang Korea. Bagi orang Korea, peringatan ini sangat penting. Karena itu hari ini ditetapkan sebagai hari libur umum bagi seluruh warga Korea Selatan.
Foto 1 dari 7
Peringatan Memorial Day Korea Selatan
Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol (tengah) dan istrinya Kim Keon-hee (tengah kiri) memberikan penghormatan dalam upacara peringatan Memorial Day ke-68 di Pemakaman Nasional, Seoul, Korea Selatan, Selasa (6/6/2023). (KIM HONG-JI/POOL/AFP)
Foto 2 dari 7
Peringatan Memorial Day Korea Selatan
Memorial Day atau Hari Peringatan diperingati setiap tanggal 6 Juni di Korea Selatan. Hari ini dimaksudkan untuk menghormati para prajurit yang gugur dalam Perang Korea. (KIM HONG-JI/POOL/AFP)
Foto 3 dari 7
Peringatan Memorial Day Korea Selatan
Bagi orang Korea, peringatan ini sangat penting. Karena itu hari ini ditetapkan sebagai hari libur umum bagi seluruh warga Korea Selatan. (KIM HONG-JI/POOL/AFP)
Foto 4 dari 7
Peringatan Memorial Day Korea Selatan
Selama 35 tahun, mulai tahun 1910, Korea berada di bawah kekuasaan Jepang, dan dalam tahun-tahun itu, dua pertempuran yang sangat penting terjadi — Pertempuran Kota Bongoh dan Pertempuran Cheongsanri. Kedua pertempuran ini terjadi di tahun yang sama, sepuluh tahun setelah aneksasi Korea ke dalam kekaisaran Jepang. (KIM HONG-JI/POOL/AFP)
Foto 5 dari 7
Peringatan Memorial Day Korea Selatan
Dengan yang pertama terjadi lebih awal dan berlangsung selama satu hari dan yang kedua terjadi di akhir tahun, berlangsung selama lebih dari enam hari. Pertempuran terpisah ini memiliki tujuan yang sama yaitu perjuangan Korea untuk menjadi negara merdeka yang terpisah. (KIM HONG-JI/POOL/AFP)
Foto 6 dari 7
Peringatan Memorial Day Korea Selatan
Maju cepat hingga akhir Perang Dunia II dan penyerahan kekaisaran Jepang, Amerika Serikat dan Uni Soviet membagi Korea menjadi dua zona operasi. Korea Selatan ditempatkan di bawah administrasi Amerika Serikat dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), sedangkan Korea Utara berada di bawah kendali Uni Soviet. (KIM HONG-JI/POOL/AFP)
Foto 7 dari 7
Peringatan Memorial Day Korea Selatan
Tak satu pun dari gubernur masing-masing negara menerima pembagian perbatasan ini, masing-masing mengklaim sebagai pemerintah yang sah atas seluruh Korea. Hal ini menyebabkan perang selama tiga tahun yang dikenal sebagai Perang Korea, yang juga menjadi perang pertama di mana PBB memainkan peran militer. (KIM HONG-JI/POOL/AFP)