Ribuan Pelayat Hadiri Pemakaman Silvio Berlusconi di Milan

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 15 Jun 2023, 10:35 WIB
Diterbitkan 15 Jun 2023 10:35 WIB
Pemakaman Silvio Berlusconi
Mantan Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi dimakamkan pada Rabu (14/6/2023). Ribuan pelayat memenuhi jalan untuk melepas Berlusconi terakhir kalinya. Kerumunan massa mengibarkan bendera klub sepak bola AC Milan sambil meneriakkan "Silvio, Silvio" saat peti matinya dibawa ke dalam Katedral Gotik Milan. Peti mati Berlusconi dikawal oleh polisi Carabinieri.
Foto 1 dari 8
Pemakaman Silvio Berlusconi
Peti mati mantan Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi meninggalkan Katedral Gotik Milan pada akhir pemakaman kenegaraannya di Italia, Rabu (14/6/2023). Ribuan pelayat memenuhi jalan untuk melepas Berlusconi terakhir kalinya. (AP Photo/Luca Bruno)
Foto 2 dari 8
Pemakaman Silvio Berlusconi
Kerumunan massa mengibarkan bendera klub sepak bola AC Milan sambil meneriakkan "Silvio, Silvio" saat peti matinya dibawa ke dalam Katedral Gotik Milan. Peti mati Berlusconi dikawal oleh polisi Carabinieri. (Claudio Furlan/LaPresse via AP)
Foto 3 dari 8
Pemakaman Silvio Berlusconi
Politisi yang menjadi mitra Berlusconi selama tahun-tahun terakhirnya, Marta Fascina (33 tahun) terlihat menangis. Termasuk putri sulung Berlusconi, Marina, yang diperkirakan akan mewarisi kerajaan bisnis ayahnya. (Claudio Furlan/LaPresse via AP)
Foto 4 dari 8
Pemakaman Silvio Berlusconi
Berlusconi akan dikremasi dan abunya disimpan di sebuah mausoleum yang dia bangun untuk dirinya dan keluarganya di pekarangan vilanya di luar Milan. Partai konservatif Forza Italia yang didirikan Berlusconi mendominasi politik Italia selama 30 tahun terakhir. Sementara kerajaan bisnisnya membentang dari real estate hingga penerbitan. (Stefano Porta/LaPresse via AP)
Foto 5 dari 8
Pemakaman Silvio Berlusconi
Polisi mengatakan sekitar 15.000 orang mengikuti prosesi pemakaman di layar raksasa yang dipasang di luar katedral. Seorang anggota partai Forza Italia, Lucia Adiele mengatakan, dia merasa beruntung karena dapat menjadi bagian dari partai selama 18 tahun dan bekerja bersama Berlusconi. (Stefano Porta/LaPresse via AP)
Foto 6 dari 8
Pemakaman Silvio Berlusconi
Pemakaman Berlusconi dihadiri oleh politisi top Italia termasuk Presiden Sergio Mattarella dan Perdana Menteri Giorgia Meloni. Partai Meloni, Brothers of Italy, Liga Matteo Salvini dan Forza Italia adalah partai-partai utama dalam koalisi penguasa sayap kanan. (Alessandro Bremec/LaPresse via AP)
Foto 7 dari 8
Pemakaman Silvio Berlusconi
Pemerintah Italia mengumumkan hari berkabung atas kematian Berlusconi. Hari berkabung bukanlah hari libur umum, melainkan penghormatan simbolis dengan mengibarkan bendera berkibar setengah tiang di gedung-gedung publik. Parlemen Eropa dan Komisi Eropa juga memutuskan untuk memberikan penghormatan dengan cara ini. (AP Photo/Antonio Calanni)
Foto 8 dari 8
Pemakaman Silvio Berlusconi
Beberapa pemimpin internasional melakukan perjalanan ke Milan untuk pemakaman Berlusconi. Termasuk Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani, Perdana Menteri Irak Mohammed Shia al-Sudani dan Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban. (Rossella Papetti/LaPresse via AP)