Gelombang Panas Terjang Eropa, Suhu di Spanyol Capai 44 Derajat Celcius

oleh Johan Fatzry, diperbarui 11 Jul 2023, 07:05 WIB
Diterbitkan 11 Jul 2023 07:05 WIB
Gelombang Panas di Spanyol
Temperatur melonjak di seluruh Spanyol pada 10 Juli dengan merkuri mencapai 44 derajat Celcius (111 Fahrenheit) di selatan saat negara menghadapi gelombang panas kedua dalam dua minggu. Menurut Organisasi Meteorologi Dunia, Eropa adalah benua dengan pemanasan tercepat di dunia, dan para ahli mengatakan Spanyol kemungkinan akan menjadi salah satu negara yang paling parah terkena dampak perubahan iklim.
Foto 1 dari 8
Gelombang Panas di Spanyol
Turis dengan kipas angin dan payung mengunjungi museum arena adu banteng Real Maestranza selama gelombang panas di Seville pada 10 Juli 2023. (AFP/Cristina Quicler)
Foto 2 dari 8
Gelombang Panas di Spanyol
Temperatur melonjak di seluruh Spanyol pada 10 Juli dengan merkuri mencapai 44 derajat Celcius (111 Fahrenheit) di selatan saat negara menghadapi gelombang panas kedua dalam dua minggu. (AFP/Cristina Quicler)
Foto 3 dari 8
Gelombang Panas di Spanyol
Beberapa bagian Eropa selatan dan barat telah mengalami suhu yang sangat tinggi. (AFP/Cristina Quicler)
Foto 4 dari 8
Gelombang Panas di Spanyol
Wilayah Spanyol telah mencatat suhu maksimum harian di atas 30 derajat celsius selama lebih dari seminggu, melebihi 40 derajat Celcius di beberapa bagian selatan Spanyol pada hari Minggu. (AFP/Cristina Quicler)
Foto 5 dari 8
Gelombang Panas di Spanyol
Panas disebabkan oleh area besar bertekanan tinggi yang stagnan di Eropa dan mencegah pola biasa sistem tekanan rendah bergerak ke arah timur ke Eropa dari Atlantik. (AFP/Cristina Quicler)
Foto 6 dari 8
Gelombang Panas di Spanyol
Pemerintah Spanyol baru-baru ini mengumumkan langkah-langkah baru untuk mengatasi dampak cuaca panas pada populasi mereka. (AFP/Cristina Quicler)
Foto 7 dari 8
Gelombang Panas di Spanyol
Menurut Organisasi Meteorologi Dunia, Eropa adalah benua dengan pemanasan tercepat di dunia, dan para ahli mengatakan Spanyol kemungkinan akan menjadi salah satu negara yang paling parah terkena dampak perubahan iklim. (AFP/Cristina Quicler)
Foto 8 dari 8
Gelombang Panas di Spanyol
Meskipun telah terbiasa dengan suhu musim panas yang melonjak, terutama di selatan, Spanyol telah mengalami gelombang panas yang lebih lama dan lebih panas serta kekurangan curah hujan yang mengkhawatirkan.(AFP/Cristina Quicler)