Duka Keluarga Korban Genosida Srebrenica di Peringatan 28 Tahun Pembantaian

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 12 Jul 2023, 06:05 WIB
Diterbitkan 12 Jul 2023 06:05 WIB
Genosida Srebrenica
Ribuan orang berkumpul di Kota Srebrenica untuk memperingati 28 tahun satu-satunya genosida yang diakui Eropa sejak Perang Dunia II. Pembantaian Srebrenica (disebut juga Genosida Srebrenica) adalah kejadian pembantaian terhadap sekitar lebih dari 8.000 laki-laki dan remaja Bosniaks (umat muslim Bosnia) pada Juli 1995 di Srebrenica oleh pasukan Republik Srpska pimpinan Jenderal Ratko Mladić.
Foto 1 dari 9
Genosida Srebrenica
Seorang wanita muslim Bosnia berduka di samping makam kerabatnya, korban genosida Srebrenica, di Memorial Center, Potocari, Bosnia-Herzegovina, Selasa (11/7/2023). Ribuan orang berkumpul di Kota Srebrenica untuk memperingati 28 tahun satu-satunya genosida yang diakui Eropa sejak Perang Dunia II. (AP Photo/Armin Durgut)
Foto 2 dari 9
Genosida Srebrenica
Pembantaian Srebrenica (disebut juga Genosida Srebrenica) adalah kejadian pembantaian terhadap sekitar lebih dari 8.000 laki-laki dan remaja Bosniaks (umat muslim Bosnia) pada Juli 1995 di Srebrenica oleh pasukan Republik Srpska pimpinan Jenderal Ratko Mladić. (AP Photo/Armin Durgut)
Foto 3 dari 9
Genosida Srebrenica
Menurut beberapa peneliti, pembantaian Srebrenica merupakan kekejaman terburuk terhadap warga sipil di Eropa yang terjadi pada abad modern sejak Holocaust Perang Dunia II. (AP Photo/Armin Durgut)
Foto 4 dari 9
Genosida Srebrenica
Perang Bosnia yang terjadi antara tahun 1992-1995 pun dikenal menjadi periode pembersihan etnis muslim Bosnia serta Kroasia Bosnia oleh tentara Bosnia Serbia dan pasukan paramiliternya. (AP Photo/Armin Durgut)
Foto 5 dari 9
Genosida Srebrenica
Pembantaian Srebrenica dimulai pada 11 Juli 1995, ketika pasukan Bosnia Serbia yang dipimpin Komandan Ratko Mladić menduduki Kota Srebrenica. Kota itu jatuh ke tangan pasukan Bosnia Serbia dalam lima hari dan sejak itu pembantaian mulai terjadi. (AP Photo/Armin Durgut)
Foto 6 dari 9
Genosida Srebrenica
Dalam waktu kurang dari dua pekan, pasukan Serbia Bosnia secara sistematis membunuh lebih dari 8.000 umat muslim Bosnia. (AP Photo/Armin Durgut)
Foto 7 dari 9
Genosida Srebrenica
Mahkamah Internasional sudah menetapkan tragedi pembantaian di Srebrenica ini merupakan genosida. (AP Photo/Armin Durgut)
Foto 8 dari 9
Genosida Srebrenica
Sejauh ini, 47 orang telah dijatuhi hukuman oleh Pengadilan Kriminal Internasional di Den Haag dan pengadilan di Bosnia-Herzegovina dengan lebih dari 700 tahun penjara, ditambah empat hukuman seumur hidup, untuk kejahatan terkait Srebrenica. (AP Photo/Armin Durgut)
Foto 9 dari 9
Genosida Srebrenica
Mantan kepala militer Serbia Bosnia, Ratko Mladic, saat ini mengajukan banding terhadap vonis hukuman seumur hidupnya terkait genosida Srebrenica dan kejahatan lainnya. Permohonan bandingnya sampai saat ini masih ditunda. (AP Photo/Armin Durgut)