Tanpa Manuver Angka 8 dan Zig-Zag, Berikut Materi Ujian Praktik SIM C Terbaru

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 04 Agu 2023, 19:35 WIB
Diterbitkan 04 Agu 2023 19:35 WIB
Ujian Praktek SIM C
Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri resmi mengubah materi ujian praktek SIM C untuk sepeda motor berupa angka 8 dan zig-zag. Jika semula ujian praktek SIM C dengan angka 8, diganti dengan huruf S. Jadi manuver kekanan dan manuver ke kiri sudah terakomodir. Ukuran lintasan juga sudah diperlebar dan tanpa materi zig-zag.
Foto 1 dari 9
Ujian Praktek SIM C
Warga melakukan simulasi uji praktek SIM C untuk sepeda motor di Satpas Polda Metro Jaya, Daan Mogot, Jakarta Jumat (4/8/2023). Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri resmi mengubah materi ujian praktek SIM C untuk sepeda motor berupa angka 8 dan zig-zag. (merdeka.com/Imam Buhori)
Foto 2 dari 9
Ujian Praktek SIM C
Kakorlantas Polri Irjen Firman Santyabudi menyebut desain ini akan resmi diberlakukan di seluruh Indonesia mulai Senin pekan depan. (merdeka.com/Imam Buhori)
Foto 3 dari 9
Ujian Praktek SIM C
Materi praktek ujian SIM C ini dibuat untuk memudahkan masyarakat. Sebab, materi sebelumnya dianggap menyulitkan masyarakat. (merdeka.com/Imam Buhori)
Foto 4 dari 9
Ujian Praktek SIM C
Perubahan ujian praktek SIM C sudah mulai dilakukan di beberapa Polres Tangerang Kota, Tangerang Kabupaten, Tangerang Selatan, Depok, Bekasi Kota. (merdeka.com/Imam Buhori)
Foto 5 dari 9
Ujian Praktek SIM C
Jika semula ujian praktek SIM C dengan angka 8, diganti dengan huruf S. Jadi manuver kekanan dan manuver ke kiri sudah terakomodir. (merdeka.com/Imam Buhori)
Foto 6 dari 9
Ujian Praktek SIM C
Perubahan materi ujian praktek SIM C lintasan menjadi sebuah sirkuit yang mengakomodir empat materi ujian praktik dengan ukuran yang sudah diperlebar dan tanpa materi zig-zag atau slalom, uji membentuk angka 8 digantikan dengan ujian membentuk huruf S, dan ukuran lintasan diperbesar dari ukuran 1,5 kali lebar kendaraan menjadi 2,5 kali lebar kendaraan. (merdeka.com/Imam Buhori)
Foto 7 dari 9
Ujian Praktek SIM C
Firman mengatakan, materi ujian terbaru ini terdiri dari lima materi uji yang tergabung menjadi satu kesatuan dalam sebuah lintasan panjang bagaikan untuk merepresentasikan trek jalan raya sebagaimana mestinya. (merdeka.com/Imam Buhori)
Foto 8 dari 9
Ujian Praktek SIM C
Firman menambahkan, materi akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing wilayah. (merdeka.com/Imam Buhori)
Foto 9 dari 9
Ujian Praktek SIM C
Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta Korlantas memperbaiki ujian praktek pembuatan SIM dengan manuver zig-zag dan angka 8. (merdeka.com/Imam Buhori)