Portugal Dilanda Kebakaran Hutan di Tengah Sengatan Gelombang Panas

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 09 Agu 2023, 13:05 WIB
Diterbitkan 09 Agu 2023 13:05 WIB
Kebakaran Hutan Portugal
Ratusan petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api yang berkobar di Portugal selatan yang telah menghanguskan ribuan hektare lahan dan menyebabkan sekitar 1.400 orang dievakuasi untuk berjaga-jaga.
Foto 1 dari 9
Kebakaran Hutan Portugal
Sebuah pesawat pemadam kebakaran menjatuhkan air di atas api di Odeceixe, selatan Portugal, Selasa (8/8/2023). Ratusan petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api yang berkobar di Portugal selatan yang telah menghanguskan ribuan hektare lahan dan menyebabkan sekitar 1.400 orang dievakuasi untuk berjaga-jaga. (Patricia DE MELO MOREIRA/AFP)
Foto 2 dari 9
Kebakaran Hutan Portugal
Seperti dilansir The Guardian pada 8 Agustus 2023, kebakaran hutan yang ditangani oleh lebih dari 800 petugas pemadam kebakaran dimulai pada Sabtu (5/8) di Odemira, Alentejo, dan sejak itu menyebar ke selatan menuju Algarve, salah satu tujuan wisata utama Portugal. (Patricia DE MELO MOREIRA/AFP)
Foto 3 dari 9
Kebakaran Hutan Portugal
Temperatur tinggi dan angin kencang mempersulit upaya pemadaman api, yang telah menghancurkan sekitar 6.700 hektare lahan. Komandan Otoritas Darurat dan Perlindungan Sipil Jose Ribeiro mengatakan bahwa kondisi cuaca diperkirakan akan tetap menjadi tantangan. (Patricia DE MELO MOREIRA/AFP)
Foto 4 dari 9
Kebakaran Hutan Portugal
Jelang matahari terbenam pada Senin (7/8), langit di Odemira menjadi gelap saat awan asap besar memenuhi udara. (Patricia DE MELO MOREIRA/AFP)
Foto 5 dari 9
Kebakaran Hutan Portugal
Wali Kota Odemira Helder Guerreiro menggambarkan situasinya kritis, sulit, dan kompleks, sementara Ribeiro mengatakan ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mengendalikan api. (Patricia DE MELO MOREIRA/AFP)
Foto 6 dari 9
Kebakaran Hutan Portugal
"Ini adalah situasi yang mengkhawatirkan," kata Ribeiro, menambahkan ada dua front aktif, dengan satu menuju Monchique, daerah pegunungan hijau subur di pedesaan Algarve. (Patricia DE MELO MOREIRA/AFP)
Foto 7 dari 9
Kebakaran Hutan Portugal
Monchique, yang terakhir terbakar pada tahun 2018, populer di kalangan penduduk lokal dan turis karena mata air panas dan hotelnya. (Patricia DE MELO MOREIRA/AFP)
Foto 8 dari 9
Kebakaran Hutan Portugal
Sembilan belas desa kecil, empat akomodasi wisata, dan tempat berkemah telah dievakuasi sebagai tindakan pencegahan. Pihak berwenang mengatakan bahwa sejumlah jalan juga telah ditutup. (Patricia DE MELO MOREIRA/AFP)
Foto 9 dari 9
Kebakaran Hutan Portugal
Negara-negara Eropa Selatan seperti Portugal tengah bergulat dengan suhu panas ekstrem, mendorong pihak berwenang memperingatkan risiko kesehatan. Para ilmuwan mengatakan gelombang panas menjadi lebih sering, intens, dan menyebar sepanjang musim karena perubahan iklim. (Patricia DE MELO MOREIRA/AFP)