Antisipasi Bencana Kekeringan, PMI Mobilisasi Ratusan Mobil Tangki Air ke Wilayah Terdampak

oleh Johan Fatzry, diperbarui 14 Agu 2023, 16:44 WIB
Diterbitkan 14 Agu 2023 16:44 WIB
Jusuf Kalla
Dalam upaya membantu bencana kekeringan, PMI memobilisasi 150 mobil tangki air dan 150 mobil pikap air untuk didistribusikan di wilayah terdampak kekeringan di Indonesia. Selama operasi PMI ini, truk tangki dan mobil pick up akan menyalurkan air bersih selama periode Agustus 2023. Data BMKG menunjukkan, sebagian besar wilayah Indonesia diprakirakan mengalami awal musim kemarau pada April hingga Juni 2023.
Foto 1 dari 8
Jusuf Kalla
Ketua Umum Palang Merah Indonesia Muhammad Jusuf Kalla memeriksa mobil tangki air bersih di halaman kantor PMI Pusat di Jakarta, Senin (14/8/2023). (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Foto 2 dari 8
PMI
Dalam upaya membantu bencana kekeringan, PMI memobilisasi 150 mobil tangki air dan 150 mobil pikap air untuk didistribusikan di wilayah terdampak kekeringan di Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Foto 3 dari 8
Jusuf Kalla
Ketua Umum PMI Jusuf Kalla mendorong PMI di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota untuk menyuplai air bersih sebagai bentuk respons PMI membantu masyarakat yang terdampak kekeringan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Foto 4 dari 8
PMI
Selama operasi PMI ini, truk tangki dan mobil pick up akan menyalurkan air bersih selama periode Agustus 2023. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Foto 5 dari 8
PMI
“Kami akan fokus di wilayah terdampak kekeringan, seperti wilayah Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sumatera, dan Kalimantan. Dengan dua fokus untuk membantu kekeringan dan kebakaran hutan,” kata Jusuf Kalla. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Foto 6 dari 8
PMI
Pelaksana tugas (Plt) Kepala Divisi Penanggulangan Bencana PMI Pusat, Rafiq Anshori, menambahkan, operasi kekeringan ini mengacu kepada data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Foto 7 dari 8
PMI
Data BMKG menunjukkan, sebagian besar wilayah Indonesia diprakirakan mengalami awal musim kemarau pada April hingga Juni 2023. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Foto 8 dari 8
PMI
Puncak musim kemarau diprakirakan pada Juli dan Agustus 2023, kemarau juga memicu sejumlah daerah rawan akan kebakaran hutan dan lahan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)