Tanah Longsor dan Banjir Bandang Tewaskan 70 Orang di India

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 18 Agu 2023, 09:05 WIB
Diterbitkan 18 Agu 2023 09:05 WIB
Banjir dan Longsor India
Hujan tanpa henti selama berhari-hari di wilayah Himalaya India telah menewaskan lebih dari 70 orang. Hujan lebat memicu tanah longsor dan banjir bandang yang menenggelamkan jalan, menghanyutkan bangunan, dan membuat penduduk berhamburan mencari keselamatan.
Foto 1 dari 8
Banjir dan Longsor India
Tim penyelamat mencari korban selamat setelah tanah longsor akibat hujan lebat di Shimla, India, Kamis (17/8/2023). Hujan tanpa henti selama berhari-hari di wilayah Himalaya India telah menewaskan lebih dari 70 orang minggu ini. (AP Photo/Pradeep Kumar)
Foto 2 dari 8
Banjir dan Longsor India
Hujan lebat memicu tanah longsor dan banjir bandang yang menenggelamkan jalan, menghanyutkan bangunan, dan membuat penduduk berhamburan mencari keselamatan. (AP Photo/Pradeep Kumar)
Foto 3 dari 8
Banjir dan Longsor India
Jumlah korban itu termasuk 11 warga yang meninggal usai kuil Dewa Hindu di Shilma runtuh imbas tanah longsor. (AP Photo/ Pradeep Kumar)
Foto 4 dari 8
Banjir dan Longsor India
Hingga kini operasi penyelamatan dan pencarian masih berlangsung. Pihak berwenang menduga korban akan terus bertambah. (National Disaster Response Force via AP)
Foto 5 dari 8
Banjir dan Longsor India
Kepala Menteri Himachal Pradesh Sukhvinder Singh Sukhu mengatakan bencana kali ini jadi terburuk di Himachal Pradesh dalam 50 tahun terakhir. (Indian Air Force via AP)
Foto 6 dari 8
Banjir dan Longsor India
Perdana Menteri Narendra Modi juga menyebut bencana alam baru-baru ini telah menyebabkan masalah yang tak terbayangkan bagi keluarga di India. (Indian Air Force via AP)
Foto 7 dari 8
Banjir dan Longsor India
Sejumlah wilayah di India tengah dilanda hujan lebat. Badan prakiraan cuaca memperkirakan hujan lebat berlanjut hingga Jumat di Himalaya. (Indian Air Force via AP)
Foto 8 dari 8
Banjir dan Longsor India
Musim hujan di India tak jarang menciptakan banjir dan tanah longsor. Bencana ini lalu menyebabkan banyak orang tewas. (Indian Air Force via AP)