Kebakaran Hutan Meluas, 20.000 Warga Yellowknife Kanada Dievakuasi

oleh Johan Fatzry, diperbarui 18 Agu 2023, 16:05 WIB
Diterbitkan 18 Agu 2023 16:05 WIB
Kebakaran Hutan Kanada
Penduduk di ibu kota Wilayah Barat Laut Kanada bergegas untuk mengalahkan tenggat waktu Jumat siang untuk mengevakuasi rumah mereka karena salah satu dari ratusan kebakaran hutan yang berkecamuk di wilayah tersebut bergerak mendekati kota berpenduduk 20.000. Ribuan orang melarikan diri pada hari Kamis, mengemudi ratusan mil ke tempat aman atau menunggu dalam antrean panjang untuk penerbangan darurat, karena musim kebakaran terburuk yang tercatat di Kanada tidak menunjukkan tanda-tanda mereda.
Foto 1 dari 8
Kebakaran Hutan Kanada
Dusun Enterprise yang terbakar di Yellowknife, Wilayah Barat Laut, Kanada, Kamis, 17 Agustus 2023. (Jeff McIntosh/The Canadian Press via AP)
Foto 2 dari 8
Kebakaran Hutan Kanada
Penduduk di ibu kota Wilayah Barat Laut Kanada bergegas untuk mengalahkan tenggat waktu Jumat siang untuk mengevakuasi rumah mereka karena salah satu dari ratusan kebakaran hutan yang berkecamuk di wilayah tersebut bergerak mendekati kota berpenduduk 20.000. (Jeff McIntosh/The Canadian Press via AP)
Foto 3 dari 8
Kebakaran Hutan Kanada
Ribuan orang melarikan diri pada hari Kamis, mengemudi ratusan mil ke tempat aman atau menunggu dalam antrean panjang untuk penerbangan darurat, karena musim kebakaran terburuk yang tercatat di Kanada tidak menunjukkan tanda-tanda mereda. (Joe O'Connal/The Canadian Press via AP)
Foto 4 dari 8
Kebakaran Hutan Kanada
Api berada dalam jarak 16 kilometer (10 mil) dari tepi utara Yellowknife pada hari Kamis dan para pejabat khawatir bahwa angin utara yang kuat dapat mendorong api menuju satu-satunya jalan raya yang menjauh dari api, yang dipenuhi oleh karavan mobil yang panjang. (Joe O'Connal/The Canadian Press via AP)
Foto 5 dari 8
Kebakaran Hutan Kanada
Sepuluh pesawat meninggalkan Yellowknife pada hari Kamis dengan 1.500 penumpang. (Jeff McIntosh/The Canadian Press via AP)
Foto 6 dari 8
Kebakaran Hutan Kanada
Direktur urusan perusahaan untuk Departemen Urusan Kota dan Masyarakat Wilayah Barat Laut, Jennifer Young menambahkan bahwa mereka berharap memiliki 22 penerbangan berangkat pada hari Jumat dengan 1.800 penumpang lagi. (Jeff McIntosh/The Canadian Press via AP)
Foto 7 dari 8
Kebakaran Hutan Kanada
Kanada telah melihat rekor jumlah kebakaran hutan tahun ini - berkontribusi mencekik asap di beberapa bagian AS - dengan lebih dari 5.700 kebakaran yang membakar lebih dari 137.000 kilometer persegi (53.000 mil persegi) dari satu ujung Kanada ke ujung lainnya, menurut Canadian Pusat Kebakaran Hutan Antar Lembaga. (Jeff McIntosh/The Canadian Press via AP)
Foto 8 dari 8
Kebakaran Hutan Kanada
Hingga Kamis malam, 1.046 kebakaran hutan terjadi di seluruh negeri, lebih dari setengahnya di luar kendali. Di Wilayah Barat Laut, 268 kebakaran hutan telah membakar lebih dari 21.000 kilometer persegi (8.100 mil persegi). Evakuasi warga Yellowknife sejauh ini merupakan yang terbesar tahun ini. (Joe O'Connal/The Canadian Press via AP)