Kurangi Polusi Udara, Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca Dilakukan di Jabodetabek

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 22 Agu 2023, 18:35 WIB
Diterbitkan 22 Agu 2023 18:35 WIB
Teknologi Modifikasi Cuaca
Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mulai melakukan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk mengurangi polusi udara di wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek). Meski berat, sejumlah daerah mulai merasakan turun hujan dalam dua hari terakhir. Ini pertama kalinya langkah modifikasi cuaca diambil untuk mengurangi polusi. Sebelumnya, teknologi ini biasa digunakan untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan.
Foto 1 dari 8
Teknologi Modifikasi Cuaca
Suasana Masjid Istiqlal dan gedung bertingkat dengan latar polusi di Jakarta, Selasa (22/8/2023). Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mulai melakukan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk mengurangi polusi udara di wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek). (Liputan6.com/Johan Tallo)
Foto 2 dari 8
Teknologi Modifikasi Cuaca
Meski berat, sejumlah daerah mulai merasakan turun hujan dalam dua hari terakhir. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Foto 3 dari 8
Teknologi Modifikasi Cuaca
Ini pertama kalinya langkah modifikasi cuaca diambil untuk mengurangi polusi. Sebelumnya, teknologi ini biasa digunakan untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Foto 4 dari 8
Teknologi Modifikasi Cuaca
TMC Tahap I telah selesai dilakukan dengan menaburkan sebanyak 800 Kg garam di langit Jabodetabek. Penaburan garam ini untuk mengurangi polusi udara yang melanda wilayah tersebut. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Foto 5 dari 8
Teknologi Modifikasi Cuaca
Berdasarkan laporan BRIN, penyemaian mulai dilakukan sejak 19 hingga 21 Agustus dengan 1 sorti penerbangan di atas ketinggian 9.000-10.000 kaki. Setelah ini, tahap II akan digelar pada 24 Agustus hingga 2 September 2023. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Foto 6 dari 8
Teknologi Modifikasi Cuaca
Kegiatan TMC sudah pernah dilakukan oleh beberapa negara yaitu China, Korea Selatan, Thailand, dan India. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Foto 7 dari 8
Teknologi Modifikasi Cuaca
Sementara di Indonesia baru pertama kali dilaksanakan di wilayah Jabodetabek dengan menggunakan dana siap pakai Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). (Liputan6.com/Johan Tallo)
Foto 8 dari 8
Teknologi Modifikasi Cuaca
Menurut Koordinator Laboratorium Pengelolaan TMC BRIN Budi Harsoyo, cara yang lebih efektif untuk mengurangi polutan di daerah tertentu memang dengan menjatuhkan atau mengguyurnya dengan air hujan. Namun jika hal tersebut tidak memungkinkan dilakukan, maka TMC dapat dilakukan dengan menargetkan mengganggu stabilitas atmosfer. (Liputan6.com/Johan Tallo)