Intip Lokasi Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN di Hutan Kota GBK

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 05 Sep 2023, 17:05 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2023 17:05 WIB
Lokasi Gala Dinner KTT ASEAN
Selaku tuan rumah KTT ke-43 ASEAN, sejumlah persiapan dilakukan pemerintah Indonesia. Salah satunya adalah jamuan makan malam para kepala negara dan tamu-tamu VVIP atau Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN. Hutan Kota by Plataran akan menjadi lokasi jamuan makan malam para kepala negara, delegasi, dan undangan KTT ASEAN 2023 pada Rabu (6/9) malam.
Foto 1 dari 10
Lokasi Gala Dinner KTT ASEAN
Suasana lokasi untuk Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN di Hutan Kota by Plataran, Senayan, Jakarta, Selasa (5/9/2023). Hutan Kota by Plataran akan menjadi lokasi jamuan makan malam para kepala negara, delegasi, dan undangan KTT ASEAN 2023 pada Rabu (6/9) malam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Foto 2 dari 10
Lokasi Gala Dinner KTT ASEAN
Selaku tuan rumah KTT ke-43 ASEAN, sejumlah persiapan dilakukan pemerintah Indonesia. Salah satunya adalah jamuan makan malam para kepala negara dan tamu-tamu VVIP atau Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Foto 3 dari 10
Lokasi Gala Dinner KTT ASEAN
Gala dinner tersebut siap dilaksanakan di Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK). Hutan Kota GBK sendiri berada di dalam kawasan Kompleks Stadion GBK, Senayan, Jakarta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Foto 4 dari 10
Lokasi Gala Dinner KTT ASEAN
Yozua Makes dari Plataran Group ditunjuk oleh Kementerian Sekretaris Negara melalui Pusat Pengelolaan Komplek GBK (PPKGBK) untuk ambil bagian dari agenda tersebut. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Foto 5 dari 10
Lokasi Gala Dinner KTT ASEAN
Pihaknya diminta untuk ikut membantu pengelolaan kawasan hijau seluas 4,5 hektare itu. Menurut Yozua Makes, Presiden Joko Widodo atau Jokowi sendiri yang memilih lokasi gala dinner. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Foto 6 dari 10
Lokasi Gala Dinner KTT ASEAN
Menurut pernyataan Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama dalam acara diskusi daring Kementerian Komunikasi dan Informatika, Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9), Jumat, 25 Agustus 2023 disebutkan bahwa Hutan Kota GBK menjadi satu dari dua lokasi di luar arena Jakarta Convention Center yang dipakai untuk kegiatan utama KTT ke-43 ASEAN 2023. Lokasi penyelenggaraan acara ini adalah Taman Mini Indonesia Indah untuk acara Spouse Program. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Foto 7 dari 10
Lokasi Gala Dinner KTT ASEAN
Dikatakan Satya, akan dilakukan rekayasa lalu lintas untuk kelancaran acara gala dinner. Salah satunya dengan menutup sebagian Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, saat gala dinner yang dilakukan mulai dari Jembatan Semanggi hingga Bundaran Senayan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Foto 8 dari 10
Lokasi Gala Dinner KTT ASEAN
Pihaknya tetap mengupayakan agar mobilitas masyarakat tetap berjalan. Hutan Kota GBK adalah upaya Kementerian Sekretariat Negara selaku pemilik Kompleks Stadion GBK pada 2016 lalu untuk mengembalikan fungsi areal komersial di sekitar kawasan olahraga seluas 295 hektare tersebut sebagai kawasan konservasi hijau. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Foto 9 dari 10
Lokasi Gala Dinner KTT ASEAN
Selain pepohonan, kawasan Hutan Kota GBK turut dilengkapi lintasan lari (jogging track), teater terbuka (amphitheatre) yang dapat dipakai untuk pertunjukan kesenian seperti konser musik, arena olahraga basket terbuka, Tugu Majapahit dengan lima pilar melambangkan Pancasila. Sebuah kolam dengan air mancur menari turut menghiasi hutan buatan yang mampu menampung hingga 2.000 orang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Foto 10 dari 10
Lokasi Gala Dinner KTT ASEAN
Ada pula sebuah ruang pertemuan berdinding dan beratap kaca, bernama Rumah Kaca Melati. Lewat pengelolaan tata cahaya lampu yang apik, suasana Hutan Kota GBK di malam hari menyuguhkan tampilan nan eksotis. (Liputan6.com/Faizal Fanani)