Pemandangan Mengerikan Dampak Banjir Dahsyat Seperti Tsunami di Libya

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 13 Sep 2023, 15:05 WIB
Diterbitkan 13 Sep 2023 15:05 WIB
Banjir Libya
Tim penyelamat berjuang untuk mengevakuasi jenazah korban yang tersapu ke laut akibat banjir mirip tsunami di Libya. Menurut otoritas ambulans di Derna, kota di Libya yang paling parah terkena dampaknya, setidaknya 2.300 orang tewas dalam musibah ini.
Foto 1 dari 13
Banjir Libya
Pemandangan Kota Derna, Libya, Selasa (12/9/2023). Badai Daniel menyebabkan banjir dahsyat seperti tsunamin di Libya. (AP Photo/Jamal Alkomaty)
Foto 2 dari 13
Banjir Libya
Tim penyelamat berjuang untuk mengevakuasi jenazah korban yang tersapu ke laut akibat banjir mirip tsunami di Libya. (AP Photo/Jamal Alkomaty)
Foto 3 dari 13
Banjir Libya
Menurut otoritas ambulans di Derna, kota di Libya yang paling parah terkena dampaknya, setidaknya 2.300 orang tewas dalam musibah ini. (AP Photo/Jamal Alkomaty)
Foto 4 dari 13
Banjir Libya
Dua bendungan dan empat jembatan runtuh di Derna, menenggelamkan sebagian besar kota ketika Badai Daniel melanda pada Minggu, 10 September 2023. (AP Photo/Jamal Alkomaty)
Foto 5 dari 13
Banjir Libya
Sekitar 10.000 orang dilaporkan hilang, kata Bulan Sabit Merah dikutip dari BBC, Rabu (13/9/2023), seraya menegaskan bahwa jumlah korban tewas diperkirakan akan terus meningkat. (AP Photo/Jamal Alkomaty)
Foto 6 dari 13
Banjir Libya
Sejumlah bantuan sudah mulai berdatangan, termasuk dari Mesir. Namun upaya penyelamatan terhambat oleh situasi politik di Libya, di mana negara tersebut terpecah menjadi dua pemerintahan yang bersaing. (AP Photo/Jamal Alkomaty)
Foto 7 dari 13
Banjir Libya
Amerika Serikat, Jerman, Iran, Italia, Qatar, dan Turki termasuk di antara negara-negara yang menyatakan telah mengirimkan atau siap mengirimkan bantuan. (AP Photo/Jamal Alkomaty)
Foto 8 dari 13
Banjir Libya
Rekaman video yang direkam setelah gelap pada hari Minggu menunjukkan sungai air banjir mengalir melintasi kota dan mobil-mobil terombang-ambing tak berdaya mengikuti arusnya. (AP Photo/Jamal Alkomaty)
Foto 9 dari 13
Banjir Libya
Ada banyak cerita mengerikan tentang orang-orang yang tersapu ke laut. Sementara yang lain bergantungan di atap rumah untuk bertahan hidup. (AP Photo/Jamal Alkomaty)
Foto 10 dari 13
Banjir Libya
"Saya terkejut dengan apa yang saya lihat, ini seperti tsunami," kata Hisham Chkiouat, dari pemerintah Libya yang berbasis di wilayah timur. (AP Photo/Jamal Alkomaty)
Foto 11 dari 13
Banjir Libya
Hisham Chkiouat mengatakan kepada BBC Newshour bahwa runtuhnya salah satu bendungan di selatan Derna telah menyeret sebagian besar kota ke laut. (AP Photo/Jamal Alkomaty)
Foto 12 dari 13
Banjir Libya
Sementara itu, laporan CNN menyebut jumlah korban tewas banjir Libya diperkirakan lebih dari 5.000 orang dan 10.000 orang hilang setelah hujan lebat di timur laut Libya menyebabkan dua bendungan ambruk --sehingga menyebabkan lebih banyak air meluap ke wilayah yang sudah terendam banjir. (AP Photo/Jamal Alkomaty)
Foto 13 dari 13
Banjir Libya
Kendati demikian, CNN belum dapat memverifikasi secara independen jumlah korban tewas atau hilang. (AP Photo/Jamal Alkomaty)