Kuse Aunsi, Tradisi Penghormatan untuk Para Ayah di Nepal

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 14 Sep 2023, 13:05 WIB
Diterbitkan 14 Sep 2023 13:05 WIB
Festival Kuse Aunsi di Nepal
Kuse Aunsi adalah festival di Nepal di mana para ayah, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal, dihormati. Anak-anak yang ayahnya masih hidup menunjukkan penghargaannya dengan memberikan hadiah dan permen, dan anak-anak yang ayahnya sudah meninggal memberikan penghormatan di Kuil Gokarneshwar.
Foto 1 dari 6
Festival Kuse Aunsi di Nepal
Seorang anak laki-laki menyalakan lampu minyak saat Festival Kuse Aunsi di Kuil Gokarneshwor, Kathmandu, Nepal, Kamis (14/9/2023). Kuse Aunsi adalah festival di mana para ayah, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal, dihormati. (AP Photo/Niranjan Shrestha)
Foto 2 dari 6
Festival Kuse Aunsi di Nepal
Anak-anak yang ayahnya masih hidup menunjukkan penghargaannya dengan memberikan hadiah dan permen, dan anak-anak yang ayahnya sudah meninggal memberikan penghormatan di Kuil Gokarneshwar. (AP Photo/Niranjan Shrestha)
Foto 3 dari 6
Festival Kuse Aunsi di Nepal
Kuse Aunsi juga merupakan festival Hindu Nepal dalam merayakan ikatan ayah dan anak, setara dengan perayaan Hari Ayah. (AP Photo/Niranjan Shrestha)
Foto 4 dari 6
Festival Kuse Aunsi di Nepal
Festival ini jatuh pada hari bulan baru di bulan Hindu Bhadra (akhir Agustus atau awal September). (AP Photo/Niranjan Shrestha)
Foto 5 dari 6
Festival Kuse Aunsi di Nepal
Selama perayaan Festival Kuse Aunsi, banyak orang berziarah ke Kuil Gokarneshwor, yang terletak di bagian timur laut Kathmandu. Di sana, mereka mandi serta memberikan persembahan. (AP Photo/Niranjan Shrestha)
Foto 6 dari 6
Festival Kuse Aunsi di Nepal
Orang-orang yang ayahnya sudah meninggal juga melakukan Shraddha (ritual kematian tahunan). (AP Photo/Niranjan Shrestha)