Venesia Kembali Lolos dari Daftar Situs Warisan UNESCO yang Terancam Punah

oleh Arny Christika Putri, diperbarui 15 Sep 2023, 13:05 WIB
Diterbitkan 15 Sep 2023 13:05 WIB
Venesia
Venesia pada hari Kamis kembali lolos dari daftar situs warisan dunia yang terancam oleh UNESCO, yang menuai sorak sorai kemenangan dari walikota, namun mendapat cemoohan dari para pencinta lingkungan dan ilmuwan yang khawatir akan dampak pariwisata massal dan perubahan iklim di kota laguna bertingkat tersebut.
Foto 1 dari 6
Venesia
Pemandangan perahu dan gondola di kanal, di Venesia, Italia, Rabu, 13 September 2023. (AP Photo/Luca Bruno)
Foto 2 dari 6
Venesia
Kota Italia yang rapuh ini telah mengambil langkah-langkah untuk mengurangi dampak perubahan iklim dan pariwisata yang berlebihan, namun beberapa ahli mengatakan bahwa langkah tersebut tidak cukup. (AP Photo/Luca Bruno)
Foto 3 dari 6
Venesia
Venesia pada hari Kamis kembali lolos dari daftar situs warisan dunia yang terancam punah versi UNESCO, yang mengundang sorak-sorai kemenangan dari sang wali kota. (AP Photo/Luca Bruno)
Foto 4 dari 6
Venesia
Namun juga cemoohan dari para pencinta lingkungan dan ilmuwan yang khawatir akan dampak pariwisata massal dan perubahan iklim di kota laguna bertingkat tersebut. (AP Photo/Luca Bruno)
Foto 5 dari 6
Venesia
Venesia juga menghindari masuk ke dalam daftar situs yang terancam punah dua tahun lalu setelah pemerintah Roma mengumumkan larangan bagi kapal-kapal pesiar besar untuk melewati Lapangan Santo Markus dan kanal Giudecca. (AP Photo/Luca Bruno)
Foto 6 dari 6
Venesia
Wali Kota Luigi Brugnaro menyambut baik keputusan tersebut sebagai bukti bahwa "Venesia tidak dalam bahaya," dan menyebut rekomendasi para ahli itu "menyesatkan." (AP Photo/Luca Bruno)