Training Center Timnas Indonesia Resmi Dibangun di Ibu Kota Nusantara

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 22 Sep 2023, 15:05 WIB
Diterbitkan 22 Sep 2023 15:05 WIB
Training Center Timnas Indonesia
Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menyampaikan groundbreaking national training center di Ibu Kota Nusantara (IKN) menandai babak baru sepak bola Indonesia. Erick menyampaikan impian ini tak lepas dari dorongan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan komitmen FIFA yang melihat rencana daripada transformasi sepak bola Indonesia bisa bersih dan berprestasi.
Foto 1 dari 7
Training Center Timnas Indonesia
Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menyampaikan sambutan saat groundbreaking national training center (TC) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Jumat (22/9/2023). Erick menyampaikan groundbreaking national training center ini menandai babak baru sepak bola Indonesia. (Biro Pers Kepresidenan)
Foto 2 dari 7
Training Center Timnas Indonesia
Erick menyampaikan impian ini tak lepas dari dorongan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan komitmen FIFA yang melihat rencana daripada transformasi sepak bola Indonesia bisa bersih dan berprestasi. (Biro Pers Kepresidenan)
Foto 3 dari 7
Training Center Timnas Indonesia
"Ini cita-cita lama yang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat pecinta sepak bola, di mana kita akhirnya bisa membuat sejarah memiliki TC buat tim nasional sepak bola yang terpadu," ujar Erick dalam sambutannya. (Biro Pers Kepresidenan)
Foto 4 dari 7
Training Center Timnas Indonesia
Erick menyampaikan, FIFA telah memberikan bantuan senilai Rp 85,6 miliar untuk pembangunan TC fase pertama untuk dua lapangan, tempat penginapan untuk para pemain dan pelatih, juga ruang ganti. "Ini pertama kali sebagai FIFA memberikan hibah sebesar ini ke sebuah negara," ucap Erick. (Biro Pers Kepresidenan)
Foto 5 dari 7
Training Center Timnas Indonesia
Erick mengatakan pembangunan TC seluas 34,5 hektare ini juga mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait infrastruktur pendukung dan pembebasan lahan senilai Rp 90 miliar melalui APBN. (Biro Pers Kepresidenan)
Foto 6 dari 7
Training Center Timnas Indonesia
Untuk fase dua, lanjut Erick, akan ada pembangunan delapan lapangan, dengan rincian lima lapangan besar, satu lapangan futsal, satu lapangan latihan tertutup, satu lapangan beach football, dan juga fasilitas pendukung lainnya seperti kolam renang hingga sport science. (Biro Pers Kepresidenan)
Foto 7 dari 7
Training Center Timnas Indonesia
Erick mengatakan pembangunan TC yang rencananya dilakukan dalam waktu delapan bulan akan dipercepat menjadi enam bulan. Erick menyampaikan percepatan target pembangunan TC tersebut telah mendapat persetujuan dari Jokowi. (Biro Pers Kepresidenan)