Kereta Ukraina Jadi Jalur Penting yang Hubungkan Kyiv dengan Garis Depan

oleh Arny Christika Putri, diperbarui 27 Sep 2023, 14:05 WIB
Diterbitkan 27 Sep 2023 14:05 WIB
Kereta api Ukraina
Kereta yang berangkat dari ibu kota Ukraina, Kyiv, ke kota Kramatorsk di timur berdiri terpisah dari lainnya di Ukraina. Suasana diselubungi keheningan saat para penumpang menantikan tujuan akhir mereka – di daerah garis depan tempat pertempuran berkecamuk antara pasukan Ukraina dan Rusia.
Foto 1 dari 8
Kereta api Ukraina
Seorang prajurit Ukraina memeluk istri dan putrinya di stasiun kereta api di Sloviansk, wilayah Donetsk, Ukraina pada Selasa, 12 September 2023. (AP Photo/Hanna Arhirova)
Foto 2 dari 8
Kereta api Ukraina
Di antara ratusan kereta yang hilir mudik di jalur kereta api Ukraina setiap hari, kereta Kyiv-Kramatorsk tampak berbeda dari yang lainnya, diselimuti keheningan saat para penumpang menantikan tujuan mereka. (AP Photo/Hanna Arhirova)
Foto 3 dari 8
Kereta api Ukraina
Setiap hari, sekitar pukul tujuh pagi, para penumpang rute ini meninggalkan ibu kota yang relatif aman dan menuju ke timur ke daerah garis depan di mana pertempuran antara pasukan Ukraina dan pasukan Rusia berkecamuk dan serangan Rusia sering terjadi dengan rudal-rudal yang tidak tepat yang menghantam daerah pemukiman. (AP Photo/Hanna Arhirova)
Foto 4 dari 8
Kereta api Ukraina
Para penumpang kereta pada rute itu adalah bagian kecil dari warga Ukraina yang masih bertahan saat ini. (AP Photo/Hanna Arhirova)
Foto 5 dari 8
Kereta api Ukraina
Mereka di antaranya termasuk para tentara yang kembali ke garis depan setelah mendapat istirahat singkat, sejumlah perempuan yang pergi menemui suami atau kekasih mereka yang berada di medan perang, dan warga yang pergi untuk memeriksa rumah mereka di wilayah Donetsk. (AP Photo/Hanna Arhirova)
Foto 6 dari 8
Kereta api Ukraina
Penumpang kereta tersebut tampak tenggelam dalam kebisuan dan jarang berkomunikasi satu sama lain. (AP Photo/Hanna Arhirova)
Foto 7 dari 8
Kereta api Ukraina
Perang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan jutaan orang Ukraina, dan sistem kereta api yang luas di negara ini tetap beroperasi meskipun terjadi perang. (AP Photo/Hanna Arhirova)
Foto 8 dari 8
Kereta api Ukraina
Kereta malam yang beroperasi di seluruh negeri masih menyambut para penumpang dengan teh hangat dan seprai bersih di kompartemen tidur. Kereta api juga mengangkut kargo, bantuan, dan perlengkapan. (AP Photo/Hanna Arhirova)