Gletser Pegunungan Alpen Terdampak Perubahan Iklim

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 30 Sep 2023, 13:35 WIB
Diterbitkan 30 Sep 2023 13:35 WIB
Gletser Pegunungan Alpen
Penelitian lingkungan terbaru kolaborasi University of Leeds dan University of Essex di Inggris mengungkapkan dampak perubahan iklim terhadap keanekaragaman hayati di Pegunungan Alpen Eropa. Pencairan gletser di Pegunungan Alpen telah terjadi pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya karena perubahan iklim.
Foto 1 dari 7
Gletser Pegunungan Alpen
Gletser Tiefenbachferner, bagian dari resor ski Gletser Soelden, dengan Gunung Wildspitze terlihat di dekat Innsbruck, Austria, 25 September 2023. Penelitian lingkungan terbaru kolaborasi University of Leeds dan University of Essex di Inggris mengungkapkan dampak perubahan iklim terhadap keanekaragaman hayati di Pegunungan Alpen Eropa. (AP Photo/Matthias Schrader)
Foto 2 dari 7
Gletser Pegunungan Alpen
Area ski Gletser Stubai terlihat di dekat Innsbruck, Austria, 25 September 2023. Hasil penelitian University of Leeds dan University of Essex menunjukkan, pencairan gletser di Pegunungan Alpen telah terjadi pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya karena perubahan iklim. (AP Photo/Matthias Schrader)
Foto 3 dari 7
Gletser Pegunungan Alpen
Gletser Schaufelferner di area ski Stubai terletak dekat Innsbruck, Austria, 25 September 2023. Pencairan gletser di Pegunungan Alpen dapat mengancam keanekaragaman hayati di Pegunungan Alpen. (AP Photo/Matthias Schrader)
Foto 4 dari 7
Gletser Pegunungan Alpen
Pondok Gunung Becherhaus terletak di depan Vipiteno di South Tyrol, Italia, 25 September 2023. Para peneliti memperingatkan, invertebrata yang hidup di sungai air lelehan yang dingin di Pegunungan Alpen Eropa akan menghadapi kehilangan habitat yang meluas. (AP Photo/Matthias Schrader)
Foto 5 dari 7
Gletser Pegunungan Alpen
Gunung Gamsspitzl dengan Gletser Freigerferner terlihat di dekat Innsbruck, Austria, 25 September 2023. Gletser tersebut terbelah menjadi dua bagian, dan keduanya berlubang. Rongga besar tersebut menunjukkan bahwa udara hangat mengalir melalui dasar gletser, menyebabkan pencairan tambahan dan akhirnya menyebabkan runtuhnya lapisan es datar. (AP Photo/Matthias Schrader)
Foto 6 dari 7
Gletser Pegunungan Alpen
Gletser Sulzenauferner terlihat dari pesawat dekat Innsbruck, Austria, 25 September 2023. Celah di Sulzenauferner terbentuk di mana es mengalir melalui ketidakteraturan di tanah di bawahnya. (AP Photo/Matthias Schrader)
Foto 7 dari 7
Gletser Pegunungan Alpen
Pondok Gunung Blaserhuette terletak di depan Serles, juga disebut altar Tyrol, dekat Innsbruck, Austria, 25 September 2023. Para peneliti dari University of Leeds dan University of Essex - menyerukan konservasionis untuk mempertimbangkan langkah-langkah baru untuk melindungi keanekaragaman hayati perairan. (AP Photo/Matthias Schrader)