Kala Sulli Menangis Menumpahkan Isi Hatinya dalam Dokumenter Persona: Sulli

oleh Zulfa Ayu Sundari, diperbarui 14 Nov 2023, 20:03 WIB
Diterbitkan 14 Nov 2023 20:03 WIB
Sulli - Dear Jinri
Film dokumenter anumerta Sulli berjudul Dear Jinri telah dirilis di Netflix. Ini merupakan bagian dari karya terakhirnya, Persona: Sulli. Ini adalah dokumenter pedih yang dengan sangat hati-hati menyelidiki kehidupan dan jiwa Choi Jinri (Sulli) sebagai individu. Disajikan dalam format wawancara mendalam untuk melihat beragam perspektif tentang dirinya. Syuting telah dilakukan pada 2019 sebelum dia meninggal dunia.
Foto 1 dari 6
Sulli - Dear Jinri
Sutradara bertanya apakah menurutnya idola juga merupakan karyawan dan apakah hak mereka harus dijamin. Untuk ini, dia menjawab, “Ya. Saya berharap ada.” Menurutnya, para idola juga harus memiliki serikat pekerja. (Foto: Netflix via Twitter/filmasians)
Foto 2 dari 6
Sulli - Dear Jinri
“Dari sudut pandangku, orang-orang tidak melihat selebriti sebagai manusia," kata Sulli. Menurutnya, banyak orang yang menganggapnya sebagai sebuah produk. "Saya harus menjadi sesuatu yang mereka inginkan." (Foto: Netflix via Koreaboo)
Foto 3 dari 6
Sulli - Dear Jinri
Ketika ditanya bagaimana dia bisa bertahan dari stres dan tekanan ini, Sulli berkata, “Saya hanya menyalahkan diri sendiri. Saya juga merendahkan diri." (Foto: Netflix via Twitter/ moviemenfes)
Foto 4 dari 6
Sulli - Dear Jinri
"Ada film berjudul The Matrix di mana mereka mengatakan, 'Apakah kamu lebih suka minum pil merah, mempelajari kebenaran lalu menjalani kehidupan yang sulit, atau hanya menjalani hidup tanpa tahu apa-apa?' Saya berpikir, bahwa jika saya memilih yang kedua, saya akan menjalani hidup bahagia," tuturnya sambil menangis.
Foto 5 dari 6
Sulli - Dear Jinri
Dalam dokumenter tersebut, Sulli juga bahwa dia sudah berubah, dia sudah bangkit, memahami kepedihan dalam hidupnya dan menerima keadaan tersebut. (Foto: Netflix via Koreaboo)
Foto 6 dari 6
Sulli - Dear Jinri
Namun demikian, Sulli masih menyimpan banyak hal dalam pikirannya yang tak bisa dia sampaikan dalam interview tersebut. Dan inilah hal terakhir yang bisa dilihat oleh publik dari seorang Choi Jinri. (Foto: Netflix via Twitter/ belovedldh)