Potret Neon Moon II, Kapal Pembersih Sampah Donasi Coldplay di Sungai Cisadane

oleh Fadila Adelin, diperbarui 17 Nov 2023, 12:45 WIB
Diterbitkan 17 Nov 2023 12:45 WIB
Kapal Pembersih Sampah Donasi Coldplay
Chris Martin dan Coldplay sukses menggelar konser 'Music of The Spheres' di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Rabu, 15 November 2023, dan memberikan kejutan luar biasa. Mereka menyumbangkan kapal pembersih bernama Neon Moon II sebagai bagian dari misi The Ocean Cleanup untuk membersihkan lautan dari sampah plastik. Pengumuman bentuk kapal ini dilakukan melalui akun Instagram resmi The Ocean Cleanup pada Kamis, 16 November 2023
Foto 1 dari 4
Kapal Pembersih Sampah Donasi Coldplay
Kapal berwarna biru-putih tersebut sedang dalam proses persiapan, dan perkembangannya dapat dipantau melalui laman resmi atau akun Instagram The Ocean Cleanup. Kolaborasi antara The Ocean Cleanup dan Coldplay ini menjadi langkah nyata dalam mengatasi masalah sampah plastik yang merusak lingkungan. (Liputan6.com/IG/@theoceancleanup)
Foto 2 dari 4
Kapal Pembersih Sampah Donasi Coldplay
Menariknya, kapal sejenis, Neon Moon I, yang sebelumnya dioperasikan oleh The Ocean Cleanup, telah berhasil membersihkan sekitar 1 juta kilogram plastik dan mencegahnya mencapai lautan. (Website The Ocean Cleanup)
Foto 3 dari 4
Kapal Pembersih Sampah Donasi Coldplay
Sungai Cisadane di Tangerang dipilih sebagai lokasi operasional Neon Moon II karena terkenal sebagai salah satu sungai di Jawa Barat dengan emisi tertinggi. Menurut riset, sekitar 1000 ton sampah diperkirakan mengalir dari Sungai Cisadane ke Laut Jawa setiap tahunnya.(Liputan6.com/IG/@theoceancleanup)
Foto 4 dari 4
Kapal Pembersih Sampah Donasi Coldplay
Kapal pembersih sampah donasi Coldplay ini diharapkan dapat menjadi solusi efektif dalam mengatasi permasalahan sampah plastik di sungai-sungai yang menjadi sumber pencemaran laut. (Liputan6.com/IG/@theoceancleanup)