17 Hari Terperangkap Dalam Terowongan, 41 Pekerja di India Berhasil Diselamatkan

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 29 Nov 2023, 15:05 WIB
Diterbitkan 29 Nov 2023 15:05 WIB
Terowongan India
Tim penyelamat di India berhasil membebaskan 41 pekerja yang terperangkap dalam terowongan Himalaya yang runtuh selama 17 hari. Para penambang mengebor bagian terakhir dengan tangan untuk menjangkau para pekerja di terowongan sepanjang 4,5 km (3 mil) di Uttarakhand.
Foto 1 dari 8
Terowongan India
Sebuah ambulans menunggu untuk membawa pekerja dari lokasi terowongan jalan yang sedang dibangun yang runtuh di Silkyara, negara bagian Uttarakhand, India utara, India, Selasa (28/11/2023). Tim penyelamat di India berhasil membebaskan 41 pekerja yang terperangkap dalam terowongan Himalaya yang runtuh selama 17 hari. (AP Photo)
Foto 2 dari 8
Terowongan India
Para pria tersebut, yang dibawa keluar dengan tandu beroda melalui pipa selebar 90 cm, dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan. Seluruhnya tidak ada yang terluka. (AP Photo/File)
Foto 3 dari 8
Terowongan India
Dilansir BBC, Rabu (29/11/2023), misi tersebut akhirnya selesai pada Selasa (28/11) malam berkat upaya sekelompok "penambang lubang tikus", yang menggunakan bor tangan untuk menerobos batu tersebut. (AP Photo)
Foto 4 dari 8
Terowongan India
Presiden India Droupadi Murmu menulis di X, sebelumnya Twitter, bahwa dia "lega dan bahagia" mendengar para pekerja tersebut telah berhasil diselamatkan. Dia juga memuji upaya penyelamatan, yang menurutnya menemui kendala yang merupakan "bukti ketahanan manusia". (AP Photo)
Foto 5 dari 8
Terowongan India
Para pekerja disambut dengan sorak-sorai dan kalung bunga saat mereka keluar dari terowongan. (AP Photo)
Foto 6 dari 8
Terowongan India
Sejumlah teman, keluarga, dan penduduk setempat berkumpul di luar terowongan, menyalakan petasan dan membagikan permen. (Uttarakhand State Department of Information and Public Relations via AP)
Foto 7 dari 8
Terowongan India
Sejak awal penyelamatan, mereka yang berada di atas tanah dapat berkomunikasi melalui walkie-talkie dengan orang-orang tersebut, yang diberi oksigen, makanan dan air melalui pipa sempit yang terpisah. (AP Photo/File)
Foto 8 dari 8
Terowongan India
Terowongan Silkyara adalah bagian dari proyek andalan Char Dham senilai USD 1,5 miliar, sepanjang 890 km yang menghubungkan tempat-tempat peziarah utama Hindu melalui jalan dua jalur di Himalaya. (Uttarakhand State Department of Information and Public Relations via AP)