Ribuan Pengunjung Ramaikan Panggung Rakyat Bongkar di GBK

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 09 Des 2023, 19:35 WIB
Diterbitkan 09 Des 2023 19:35 WIB
Panggung Rakyat Bongkar
Ribuan penggiat dan pembela HAM menghadiri Panggung Rakyat Bongkar di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (8/12/2023). Kehadiran mereka dalam rangka memperingati Hari Antikorupsi Sedunia dan Hari HAM. Para pengunjung disuguhkan dengan pameran foto tentang sejarah Indonesia serta ada juga replika makam-makam pegiat HAM yang dipajang dalam acara Panggung Rakyat Bongkar kali ini.
Foto 1 dari 10
Panggung Rakyat Bongkar
Ribuan penggiat dan pembela HAM menghadiri Panggung Rakyat Bongkar di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (8/12/2023). Kehadiran mereka dalam rangka memperingati Hari Antikorupsi Sedunia dan Hari HAM. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Foto 2 dari 10
Panggung Rakyat Bongkar
Para pengunjung disuguhkan dengan pameran foto tentang sejarah Indonesia serta ada juga replika makam-makam pegiat HAM yang dipajang dalam acara Panggung Rakyat Bongkar kali ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Foto 3 dari 10
Panggung Rakyat Bongkar
Ribuan pengunjung yang datang kompak mengenakan pakaian hitam dan mulai memenuhi lokasi acara. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Foto 4 dari 10
Panggung Rakyat Bongkar
Tepat setelah pintu masuk, para pengunjung disuguhkan dengan pameran foto tentang sejarah Indonesia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Foto 5 dari 10
Panggung Rakyat Bongkar
Selain itu, ada juga replika makam-makam pegiat HAM yang dipajang dalam acara Panggung Rakyat Bongkar kali ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Foto 6 dari 10
Panggung Rakyat Bongkar
Tercatat ada 400 tokoh yang berasal dari berbagai latar belakang hadir dalam acara tersebut sehingga acara dengan kekuatan sound system dan lighting system lebih dari 200.000 watt, disaksikan puluhan ribu masyarakat, berlangsung meriah dan mengesankan, sebagaimana terlampir. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Foto 7 dari 10
Panggung Rakyat Bongkar
Nama tokoh hingga aktivis yang turut hadir dalam acara tersebut dan akan menyampaikan orasinya sebagian di antaranya Usman Hamid, Goenawan Mohamad, dan Rhenald Kasali. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Foto 8 dari 10
Panggung Rakyat Bongkar
Sejumlah nama tenar musisi juga akan tampil mengisi Panggung Rakyat ‘Bongkar’ tersebut, antara lain, Kotak, PAS Band, Usman Hamid & The Blackstones feat Once Mekel & Fajar Merah, Anto Baret & Andi Malewa, Iwa K. Young Lex & Friends, Tony Q Rastafara, Marjinal, Endank Soekamti, Jamrud dan Horja Bius. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Foto 9 dari 10
Panggung Rakyat Bongkar
Panggung Rakyat ‘Bongkar’, diharapkan mengingatkan tentang bahaya korupsi dan bagaimana mengatasi serta menyelesaikan secara tuntas kasus kasus korupsi termasuk memperkuat lembaga KPK. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Foto 10 dari 10
Panggung Rakyat Bongkar
Acara ini juga untuk memberi penghormatan terhadap Hak Asasi Manusia sebagai pilar penting demokrasi, sebagaimana deklarasi hak asasi yang sudah diratifikasi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)