Marjinal hingga Pas Band Meriahkan Panggung Rakyat Bongkar di GBK

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 10 Des 2023, 14:35 WIB
Diterbitkan 10 Des 2023 14:35 WIB
Panggung Rakyat Bongkar
Pas Band dan Marjinal tampil dalam Panggung Rakyat 'Bongkar' di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK). Acara yang digelar sebagai peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) dan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) tersebut menyuarakan desakan kepada pemerintah serta aparat hukum dalam penyelesaian kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia.
Foto 1 dari 10
Panggung Rakyat Bongkar
Pas Band tampil dalam Panggung Rakyat 'Bongkar' di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (9/12/2023). Selain Pas Band, acara ini juga menghadirkan Marjinal. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Foto 2 dari 10
Panggung Rakyat Bongkar
Acara yang digelar sebagai peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) dan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) tersebut menyuarakan desakan kepada pemerintah serta aparat hukum dalam penyelesaian kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Foto 3 dari 10
Panggung Rakyat Bongkar
Selain hiburan musik, terdapat juga pameran yang menampilkan wajah-wajah korban hilang Era Orba dan Foto Aksi Mahasiswa pejuang reformasi sebagai cerminan bahwa kasus HAM di Indonesia masih banyak yang belum selesai. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Foto 4 dari 10
Panggung Rakyat Bongkar
Panggung Rakyat 'Bongkar' diikuti puluhan seniman, budayawan, dan aktivis. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Foto 5 dari 10
Panggung Rakyat Bongkar
Acara diisi dengan orasi beberapa tokoh seperti aktivis HAM Usman Hamid, budayawan Goenawan Mohamad, pakar politik Ikrar Nusa Bhakti, seniman Inayah Wahid, mantan petinggi KPK Laode Muhammad Syarif, hingga ekonom Faisal Basri serta Rhenald Kasali. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Foto 6 dari 10
Panggung Rakyat Bongkar
Selain orasi, acara juga diisi musisi tenar seperti Kotak, PAS Band, The Black Stones Band, Anto Baret & Andi Malewa, Iwa K, Young Lex & Friends, Tony Q, Marjinal, Endank Soekamti, Jamrud dan Horja Bius. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Foto 7 dari 10
Panggung Rakyat Bongkar
Ketua panitia Panggung Rakyat Raiden Soedjono dalam keterangan persnya menyebut kegiatan bertema 'Bongkar' dibuat demi mengingatkan tentang bahaya korupsi dan cara menyelesaikan kasus rasuah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Foto 8 dari 10
Panggung Rakyat Bongkar
Menurut Raiden Soedjono, Panggung Rakyat tidak dibuat demi kepentingan politik praktis menyambut Pilpres 2024 RI. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Foto 9 dari 10
Panggung Rakyat Bongkar
"Acara tersebut tidak terkait dengan pilpres, melainkan upaya untuk mengingatkan para calon pemimpin bangsa, agar menempatkan agenda pemberantasan korupsi dan penegakan HAM masuk dalam agenda prioritasnya," kata dia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Foto 10 dari 10
Panggung Rakyat Bongkar
Raiden Soedjono menambahkan, panitia acara tidak memungut biaya bagi warga yang ingin hadir terlibat dalam Panggung Rakyat untuk menguatkan semangat antikorupsi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)