Pementasan Tari Kecak Titi Situbanda di Pantai Melasti Bali

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 29 Des 2023, 15:05 WIB
Diterbitkan 29 Des 2023 15:05 WIB
Tari Kecak Titi Situbanda
Kecak adalah seni tari yang berasal dari Bali. Seni tari Kecak ditampilkan oleh puluhan penari laki-laki yang duduk berbaris dengan pola melingkar dan dengan irama tertentu sambil menyerukan "cak, cak, cak" serta mengangkat kedua lengan.
Foto 1 dari 6
Tari Kecak Titi Situbanda
Para penari tampil di teater tari Kecak “Titi Situbanda” di Pantai Melasti, dekat Ungasan, Bali, Indonesia, 28 Desember 2023. Kecak merupakan drama tari Bali yang menyajikan kisah pewayangan Hindu, khususnya kisah Ramayana. (David GANNON/AFP)
Foto 2 dari 6
Tari Kecak Titi Situbanda
Kecak adalah seni tari yang berasal dari Bali. Seni tari Kecak ditampilkan oleh puluhan penari laki-laki yang duduk berbaris dengan pola melingkar dan dengan irama tertentu sambil menyerukan "cak, cak, cak" serta mengangkat kedua lengan. (David GANNON/AFP)
Foto 3 dari 6
Tari Kecak Titi Situbanda
Dalam buku karya Resi Septiana Dewi yang berjudul "Keanekaragaman Seni Tari Nusantara", dalam menarikan tari Kecak para penari duduk melingkar dan mengenakan kain khas Bali yang bermotif kotak-kotak seperti papan catur yang ditaruh di pinggang. (David GANNON/AFP)
Foto 4 dari 6
Tari Kecak Titi Situbanda
Beberapa penari juga memerankan tokoh-tokoh seperti Rama, Shinta, Rahwana hingga Hanoman. (David GANNON/AFP)
Foto 5 dari 6
Tari Kecak Titi Situbanda
Tari kecak merupakan ritual shangyang atau tradisi menolak bala yang diselipkan kisah Ramayana di dalamnya. Tari kecak menceritakan tentang pencarian Permaisuri Shinta, Raja Rama dibantu oleh Hanoman. (David GANNON/AFP)
Foto 6 dari 6
Tari Kecak Titi Situbanda
Sehingga makna nilai moral dalam tarian kecak ini ialah kasih yang tulus akan menang dengan doa dan kesungguhan. (David GANNON/AFP)