Lihat Indahnya 5 Taman Kota Paling Berpengaruh di Dunia

Taman kota atau taman umum merupakan sebuah fasilitas publik yang ditujukan untuk memberikan berbagai manfaat positif bagi kehidupan.

oleh Kantrimaharani diperbarui 08 Nov 2016, 17:00 WIB
Diterbitkan 08 Nov 2016, 17:00 WIB
Beginilah 5 Taman Kota Paing Berpengaruh di Dunia
Taman kota atau taman umum merupakan sebuah fasilitas publik yang ditujukan untuk memberikan berbagai manfaat positif bagi kehidupan.

Liputan6.com, Jakarta Taman kota atau taman umum merupakan sebuah fasilitas publik yang ditujukan untuk memberikan berbagai manfaat positif bagi masyarakat. Tidak hanya sebagai ruang hijau yang juga meneduhkan bagi lingkungan, manfaat positif lain yang bisa dinikmati langsung adalah sebagai fasilitas rekreasi gratis.

Pengunjung taman kota umumnya adalah orang-orang yang tinggal tidak jauh dari sekitar taman tersebut.

Namun pada kenyataannya ada juga yang rela datang jauh-jauh hanya untuk merasakan desiran angin dan rindangnya pepohonan, entah sekedar piknik, olahraga, bermain, atau bersepeda.

Lalu bagaimana dengan taman kota yang ada di negara-negara lain? Tidak hanya indah, taman kota di negara-negara berikut ini juga sangat berpengaruh terhadap ekosistem lingkungan. Yuk, cek lima taman kota di dunia yang paling indah, seperti dikutip dari laman Rumah.com:

1. Central Park, New York-United States

Central Park Manhattan (10mosttoday.com)

Diresmikan pada tahun 1857, Central Park yang ada di Manhattan,ternyata sudah menjadi tempat rekreasi terbesar di New York.Tercatat sedkitnya ada 35 juta pengunjung yang datang dari berbagai daerah dan mancanegara setiap tahunnya.

Keunikan dari taman kota ini adalah ditinjau dari luas area dan lokasinya. Luas area taman ini ditaksir mencapai 323.749 hektar dan lokasinya yang berada di tengah-tengah perkantoran dan gedung bertingkat menjadikan taman ini kian favorit bagi masyarakat Manhattan.

Di sana tidak hanya terdapat beragam vegetasi saja, melainkan juga terdapat beberapa tempat menarik seperti museum dan tempat umum lainnya, misalnya Balvedere Castle, Central Park Reservoir, dan Bethesda Fountain.

2. Hyde Park, London-Inggris

Hyde Park dilihat dari atas (10mosttoday.com)

Dari Amerika Serikat, langsung ke London-Inggris. Di sana terdapat taman kota dengan lansekap yang memadukan sungai datar, taman, dan hutan, sehingga bila dilihat dari atas, akan terlihat jelas keindahannya.

Hyde Park merupakan taman kota terbesar di London yang memiliki luas area 142 ha. Taman kota ini juga berpran sebagai paru-paru hijau di pusat kota yang padat. Tidak heran bila pekerja di London kerap bersantai beberapa jam saat waktu senggang.

3. Bukit Timah Nature Reserve, Singapore

Bukit Taman Reserve, Singapura (10mosttoday.com)

Di AsiaTenggara sendiri, terdapat taman kota yang cukup terkenal, yakni Bukit Timah Nature Reservasi. Konsep taman kota ini adalah cagar alam yang luasnya hanya 1,64 kilometer persegi dan lokasinya berdekatan dengan pusat Singapura.

Taman ini berada pada 12 kilometer dari pusat bisnis Singapura dan di terletak di lereng bukit tertinggi, tepatnya di ketinggian 163 meter. Kendati berukuran kecil, taman kota ini dianggap sebagai bagian yang paling produktif di sana.

4. Phoenix Park Dublin, Irlandia

Phoenix Park Dublin-Irlandia (10mosttoday.com)

Selanjutnya adalah Phoenix Park yang ada di Dublin, Irlandia. Taman ini dinobatkan sebagai taman kota terbesar di Eropa. Uniknya, tidak hanya terdapat tanaman, melainkan juga terdapat binatang, rumput hijau, hutan, dan monumen bersejarah yang berusia tua.

Bila Anda sempat berkunjung ke sana, Anda akan melihat ratusan kijang dan rusa yang hidup di sana.

5. Luxembourg Garden Paris, Prancis

Luxembourg Garden, Prancis (10mosttoday.com)

Terakhir, taman kota yang berpengaruh adalah Luxembourg Garde di Paris-Perancis. Sesuai dengan namanya, taman ini berada di di dekat Istana Luxembourg. Taman ini menjadi taman terbesar kedua di Paris.

Kendati dekat dengan istana, masyarakat Paris masih bisa mengunjungi taman sembari piknik atau hanya berjalan santai pada rumput yang rimbun.

Taman ini juga makin artistik sebab terdapat banyak patung dengan desain air mancur yang bisa memanjakan mata. Tidak heran bila taman ini juga kerap dijadikan area jogging, dan aktivitas olahraga lainnya.

Foto: 10mosttoday.com

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya