Kiat Beli Rumah Kedua yang Tepat

Agar pembelian rumah kedua Anda lancar hingga masa cicilannya selesai, simak tips beli rumah kedua berikut ini.

oleh Wahyu Ardiyanto diperbarui 06 Apr 2018, 18:09 WIB
Diterbitkan 06 Apr 2018, 18:09 WIB
20180406-kiat beli rumah kedua
Rencana membeli rumah kedua biasanya tercetus ketika rumah mulai terasa sesak akibat penghuninya terus bertambah hingga anak yang semakin bertambah besar, menginginkan lokasi yang lebih strategis, sebagai investasi dan simpanan di masa tua nanti.

Liputan6.com, Jakarta Tips beli rumah kedua ini tentunya ditujukan bagi Anda yang sudah punya rumah. Ya, setelah berhasil membeli rumah pertama—apalagi jika cicilan KPR rumah pertamanya sebentar lagi mau lunas—keinginan untuk membeli rumah kedua pasti akan ada, entah untuk ditinggali sendiri atau sebagai investasi.

Rencana membeli rumah kedua biasanya tercetus ketika rumah mulai terasa sesak akibat penghuninya terus bertambah hingga anak yang semakin bertambah besar, menginginkan lokasi yang lebih strategis, sebagai investasi dan simpanan di masa tua nanti.

Untungnya, Bank Indonesia juga semakin memudahkan rencana ini melalui aturan Loan To Value (LTV) KPR. Artinya, uang muka atau down payment (DP) yang harus Anda bayarkan jadi lebih murah. Untuk rumah kedua, Anda hanya diwajibkan membayar DP sebesar 20%.

Jadi jika Anda mengincar rumah seharga Rp1 miliar, maka Anda cukup menyiapkan uang tunai sebesar Rp200 juta saja. Atau untuk mudahnya, klik di sini untuk simulasi hitung-hitungan jelasnya.


Kiat Agar Cicilannya Lancar

Namun, agar pembelian rumah kedua Anda lancar hingga masa cicilannya selesai, simak tips beli rumah kedua berikut ini.

  • Cek Kondisi Keuangan

Beli rumah kedua sebaiknya ketika kondisi keuangan Anda benar-benar sehat, tak punya beban utang apapun. Pastikan tujuan keuangan yang utama, misalnya dana pendidikan anak, dana darurat, dan dana kebutuhan bulanan sudah terpenuhi. Jangan sampai beli rumah kedua bikin hidup Anda jadi susah.

  • Evaluasi Tujuan Anda

Pahami dengan pasti bagaimana Anda akan memanfaatkan rumah kedua sebelum menandatangani kontrak akad jual beli. Membeli rumah kedua harus memiliki rencana yang terarah demi kelangsungan masa depan keluarga dan anak-anak.


Pertimbangkan Lokasi

  • Pertimbangkan Lokasi

Jika rumah pertama Anda jauh dari pusat kota, untuk rumah kedua sebaiknya lebih dekat ke pusat kota. Pastikan juga rumah kedua berada di lokasi yang harga jual kembalinya cukup tinggi atau menjanjikan sebagai investasi.

Manfaatkan review properti persembahan Rumah.com yang disajikan secara obyektif dan transparan sehingga Anda dapat menilai spesifikasi material rumah incaran, rencana pembangunan infrastruktur di sekitar lokasi, hingga perbandingan harga dengan rumah lain di sekitarnya.

Tapi jika niatnya membeli rumah kedua di pinggiran kota dengan lingkungan yang asri, pastikan lingkungan tersebut banyak diincar orang sehingga tetap prospektif.

Itulah sedikit tips beli rumah kedua. Penasaran artikel lengkapnya? Simak hanya di Rumah.com.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya