Untuk Milenial dan Keluarga Muda, Bogor Bisa Jadi Alternatif Hunian Baru

Bagi milenial yang ingin beli rumah, saatnya melupakan Jakarta. Untuk milenial dan keluarga muda, Bogor bisa jadi alternatif hunian baru.

oleh Wahyu Ardiyanto diperbarui 28 Jun 2018, 09:09 WIB
Diterbitkan 28 Jun 2018, 09:09 WIB
20180412-Bogor jadi alternatif hunian baru
Lokasinya yang tidak jauh dari Ibukota, bebas banjir, lingkungan yang nyaman dan sejuk, harga terjangkau, memiliki prospek investasi yang bagus membuat Bogor jadi alternatif hunian baru.

Liputan6.com, Jakarta Untuk milenial dan keluarga muda, Bogor bisa jadi alternatif hunian baru. Ya, bagi milenial dan keluarga muda yang mau membeli hunian berupa rumah tapak di Jakarta sepertinya harus kembali berpikir ulang mengingat harganya yang terus melambung tinggi.

Ike Hamdan, Head of Marketing Rumah.com mengatakan, “Apartemen jadi satu-satunya solusi bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas namun ingin tinggal di Jakarta. Dan ini bisa jadi solusi ideal bagi milenial dan keluarga muda untuk punya rumah.”

“Hal ini masuk akal mengingat harga rumah tapak di Jakarta Selatan seperti Kebagusan, Jagakarsa, dan sekitarnya sudah berada pada kisaran di atas Rp1,5 miliar. Sementara di perbatasan seperti rumah di Bintaro juga sudah mencapai Rp800 jutaan ke atas,” jelasnya.

Cek di sini untuk simulasi cicilan kredit KPR Anda perbulannnya lewat kalkulator KPR.

Selain Tangerang, Bekasi, dan Depok, Bogor memang termasuk kawasan penyangga Jakarta yang dinilai kian potensial sebagai lokasi hunian bagi para milenial dan keluarga muda yang yang bekerja di Jakarta namun tinggal di luar kota, khususnya perbatasan Jakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Didukung Gencarnya Pembangunan Infrastruktur

Lokasinya yang tidak jauh dari Ibukota, bebas banjir, lingkungan yang nyaman dan sejuk, harga terjangkau, memiliki prospek investasi yang bagus, plus bonus pemandangan yang cantik juga merupakan beberapa kriteria yang membuat  Bogor jadi alternatif hunian baru untuk milenial dan keluarga muda.

Ada banyak faktor terkait pergerakan harga yang bikin perumahan di Bogor wajib Anda lirik. Misalnya sokongan sektor transportasi yang baik, seperti KRL Jabotabek jurusan Bogor-Jakarta Kota guna mengangkut warga Bogor yang bekerja di Ibukota.

Kawasan ini juga menyimpan potensi besar lewat gencarnya pembangunan infrastruktur dengan rencana jaringan jalan Bogor Outer Ring Road (BORR), Bogor Inner Ring Road (BIRR), jalan Poros Tengah Timur (jalur Puncak Dua), dan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) sejauh 54 km.

Dari rencana tiga seksi tahapan pembangunan BORR, dua di antaranya kini telah rampung. Dan untuk tol Bocimi, seksi I dari Ciawi sampai Cigombong sepanjang 15,3 km akan beroperasi mulai Juli 2018. Seksi II dari Cigombong sampai Cibadak ditargetkan selesai 2019, sedangkan seksi III sampai Sukabumi Timur akan selesai tahun 2020.


Punya Banyak Pilihan Hunian

Apalagi dengan pembangunan infrastruktur kereta ringan (light rail transit/LRT) yang digadang-gadang bakal bikin pasar hunian tapak di Bogor makin dilirik banyak orang. Berdasarkan catatan Rumah.com Property Index, rumah dengan harga di bawah Rp1 miliar di Bogor pada Q1 2017 hingga menjelang akhir Q1 2018 mengalami pergerakan yang fluktuatif.

Pada Q1 2017 median harga rumah di bawah Rp1 miliar di Bogor sebesar Rp5 juta/meter persegi. Sementara di Q1 2018 terjadi penurunan tipis mencapai Rp250 ribu. Meski median harganya mengalami pergerakannya yang fluktuatif, namun ke depannya pangsa rumah tapak di Bogor diprediksi akan mengalami peningkatan pasca beberapa proyek infrastruktur seperti Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi II selesai.

Andy K Natanel, founder PROJEK, aplikasi pemasaran property online, mengatakan, pasar landed house di Bogor sangat baik. “Bogor merupakan daerah penyanggah Jakarta, dengan jangkauan yang masih cukup luas,transportasinya cukup tersedia, dan merupakan daerah yang sedang berkembang, sehingga ceruk pasar perumahan masih cukup tinggi, terutama keluarga muda atau kaum millenial,” ujarnya.

Ingin tahu lebih jauh mengapa untuk milenial dan keluarga muda, Bogor bisa jadi alternatif hunian baru? Simak artikel lengkapnya hanya di Rumah.com. 

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya