Destinasi Wisata Ikonik Kampung Pelangi Semarang Dipercantik

Kampung Pelangi Semarang yang menjadi destinasi wisata favorit bagi wisatawan domestik hingga mancanegara ini dipercantik ulang.

oleh Wahyu Ardiyanto diperbarui 26 Mei 2021, 01:19 WIB
Diterbitkan 26 Mei 2021, 01:09 WIB
Destinasi Wisata Ikonik Kampung Pelangi Semarang Dipercantik
Kepopuleran Kampung Pelangi turut mendorong pihak-pihak lain untuk berkontribusi dalam pelestarian destinasi wisata ikonik di Kota Semarang ini.

Liputan6.com, Jakarta RumahCom –  Kampung Pelangi Semarang memang bukan kampung sembarang, setiap sudutnya yang dicat warna-warni sehingga kaya visual warna membuat kampung yang berada di Jalan DR. Sutomo Nomor 89, Randusari, Kota Semarang ini banyak dikunjungi orang.

Sebelum menjadi Kampung Pelangi, kampung yang menjadi destinasi wisata favorit bagi wisatawan domestik hingga mancanegara ini bernama Kampung Gunung Brintik, kampung yang dulunya dikenal sebagai perkampungan kumuh.

Namun, berkat inisiasi Walikota Semarang Hendrar Prihadi, dinding-dinding rumah warga yang ada di kampung ini pun dibuat berseni, dicat dengan warna pelangi dan dilengkapi hiasan mural serta lukisan tiga dimensi. Sesuai dengan perubahan tersebut, akhirnya kampung ini diresmikan menjadi Kampung Pelangi pada 18 Mei 2017.

Kepopuleran Kampung Pelangi turut mendorong pihak-pihak lain untuk berkontribusi dalam pelestarian destinasi wisata ikonik di Kota Semarang ini. Di antaranya kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh Nippon Paint Indonesia bersama Grand Edge Hotel Semarang.

Kegiatan yang bertajuk “Grand Edge untuk Semarang” ini melakukan pengecatan ulang Kampung Pelangi ini bertujuan mempercantik ulang destinasi wisata di Semarang yang ikonik ini dengan menggunakan produk cat dari Nippon Paint.

Regional Sales Manager Jawa Tengah Nippon Paint Indonesia, Marselino Najoan mengungkapkan bahwa Nippon Paint memberikan donasi untuk Kampung Pelangi dalam bentuk cat eksterior sebanyak 25 pail atau setara dengan 451 kg yang dapat mencakup 6.000 meter persegi bidang cat, atau sebanyak 150 rumah yang dicat ulang dan juga mendukung pengecatan Jembatan Kampung Pelangi dengan kreativitas mural.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kolaborasi Pengecatan Ulang Kampung Pelangi

Kolaborasi Pengecatan Ulang Kampung Pelangi
Kegiatan yang bertajuk “Grand Edge untuk Semarang” ini melakukan pengecatan ulang Kampung Pelangi ini bertujuan mempercantik ulang destinasi wisata di Semarang yang ikonik ini.

“Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Nippon Paint yang berkolaborasi dengan Grand Edge Hotel Semarang untuk berkontribusi dalam pengecatan ulang Kampung Pelangi. Sehingga, salah satu ikon kota Semarang ini jadi lebih dipercantik lagi,” ujar HS Handoyo selaku Hotel Manager Corporate PT Kekancan Mukti di Kampung Pelangi Semarang, Jawa Tengah, Selasa (25/5/2021).

Kepala Dinas Pariwisata Kota Semarang Indriyasari mengutarakan rasa terima kasih atas dukungan dari Grand Edge Hotel Semarang dan Nippon Paint yang telah berpartisipasi dalam merawat Kampung Pelangi. “Ke depannya, kegiatan serupa dapat menginspirasi perusahaan-perusahaan lainnya untuk memberikan langkah nyata mendukung perkembangan Kota Semarang,” imbuhnya.

Ketua Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Kampung Pelangi Ndan Slawi juga menyambut baik kolaborasi CSR yang sangat berarti bagi Kampung Pelangi. “Sekarang Kampung Pelangi jadi semakin cantik lagi dan tentunya menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung serta tetap dikenang sebagai ikon destinasi di Kota Semarang. Semoga kegiatan wisata kembali dapat berjalan seperti sediakala setelah pandemi berakhir,” ujarnya.

Marselino menambahkan, “Kami berharap ke depannya, Kampung Pelangi tidak hanya semakin dikenal oleh dunia sebagai representasi wajah salah satu kota Indonesia yang bersih, menyegarkan dengan tampilan warna yang beragam, namun juga tetap sehat karena senantiasa menerapkan protokol kesehatan.”

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya