Coto dan Sop Konro Hidangan Primadona Lebaran di Makassar

Walikota Makassar, Sulawesi Selatan Moh Ramdhan Pomanto menggelar open house di Baruga Anging Mamiri Rumah Jabatan Walikota.

oleh Eka Hakim diperbarui 17 Jul 2015, 21:26 WIB
Diterbitkan 17 Jul 2015, 21:26 WIB
coto makassar

Liputan6.com, Makassar - Walikota Makassar Sulawesi Selatan Moh Ramdhan Pomanto menggelar open house di Baruga Anging Mamiri rumah jabatan (rujab) walikota. Acara yang rutin digelar walikota setiap tahunnya tersebut dipadati sejumlah pejabat Pemerintah Kota Makassar.

Aneka hidangan khas Makassar disiapkan orang nomor satu Makassar itu untuk menjamu ratusan orang yang hadir. Primadonanya, sop konro dan coto Makassar. 2 Hidangan itu menjadi menu wajib setiap Lebaran.

"Hidangan coto dan konro merupakan makanan khas suku Bugis Makassar, dengan itu saya mencoba menjaga dan melestarikan makanan khas lokal dengan menyajikannya di hadapan para tamu yang ada," kata sang walikota yang karib disapa Danny itu, Jumat (17/7/2015).

Sop konro adalah hidangan sup yang terbuat dari iga sapi. Masakan ini dihidangkan berkuah dengan warga cokelat kehitaman. Warna gelap ini berasal dari buah kluwek yang memang berwarna hitam.

Di mana sajakah restoran yang menyajikan sop konro terlezat di Jakarta? Ini dia ulasannya!

Sop konro biasa dimakan dengan ketupat kecil yang dipotong-potong terlebih dahulu.  Makanan ini bisa dijumpai di sepanjang jalan di Kota Makassar.

Sementara coto Makassar terbuat dari jeroan (isi perut) sapi yang direbus dalam waktu lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik khusus.

Coto dihidangkan dalam mangkuk dan dimakan dengan ketupat dan burasa atau lontong.

(Eka Hakim/Liputan6.com)

Ini merupakan open house kedua yang digelar Danny sebagai walikota. Dia nampak didampingi istri tercinta, Indira Jusuf Ismail dan putri mereka. Satu persatu tamu yang datang disalami Danny yang menyambut tamu di pintu masuk Baruga Anging Mamiri. (Ndy/Mut)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya