Kasihan, Duyung Ini Terdampar di Pulau Pasu

Menurut nelayan setempat ada 2 kemungkinan ikan itu bisa terdampar dan mati. Ini juga merupakan fenomena yang langka

oleh Ajang Nurdin diperbarui 12 Jan 2016, 15:59 WIB
Diterbitkan 12 Jan 2016, 15:59 WIB
Ikan Duyung
Ikan Duyung Terdampar di Pulau Pasu

Liputan6.com, Batam - Seekor ikan Duyung terdampar di Pulau Pasu, Kepulauan Anambas. Ikan itu ditemukan warga sekitar pukul 06.00 WIB.

"Awalnya ikan ini di temukan sudah mati di tumpukan karang di Pulau terumbu Pasu, kemudian bersama-sama kami tarik ke tepi Pantai Melayu sekitar 500 meter," ujar seorang warga, Faroek di Pantai Melayu, Batam, Kepulauan Riau, Selasa (12/1/2015).

Kemudian, dia melaporkan temuannya itu kepada Dinas Perikanan Batam. Sebab ikan duyung itu termasuk hewan langka.

"Ikan ini sejenis ikan duyung yang langka pastinya dilindungi, makanya saya laporkan," ujar dia.

Kemudian, bangkai ikan yang panjangnya mencapai 2 meter dan berat 1 ton itu ditarik kembali ke laut lepas menggunakan kapal pancung.

"Sesuai dengan pelaturan pemerintah, bangkai ikan ini harus di lepas ke laut tidak boleh ditanam," ujar Rhido salah seorang pengurus himpunan nelayan kota Batam.

Rhido mengatakan ada 2 kemungkinan ikan itu terdampar dan mati. Pertama karena sudah tua atau terlindas kapal karena perairan ini ramai. Sebab jika mati karena sakit, ikan itu akan mengapung di tengah laut.

"Ada kemungkinan saat melintas. Terlindas kapal, ini merupakan fenomena yang langka, ada ikan Duyung terdampar," kata Rhido.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya