Akhir Aksi Oscar De La Hoya di Bulaksumur

Melihat sepeda gunung seharga 10 juta, terlintas ide jahat Oscar De La Hoya.

oleh Yanuar H diperbarui 24 Mar 2016, 06:01 WIB
Diterbitkan 24 Mar 2016, 06:01 WIB
Akhir Aksi Oscar De La Hoya di Polsek Bulaksumur
Saat itu Oscar melihat sepeda gunung seharga 10 juta kemudian diambil dan dibawa pulang.

Liputan6.com, Yogyakarta - Mendengar nama Oscar Dela Hoya, ingatan langsung tertuju pada seorang legenda petinju dunia. Namun, alih-alih mengangkat sabuk juara, Oscar Dela Hoya yang satu ini harus meringkuk di rutan Polsek Bulaksumur, Yogyakarta.

Oscar terjerat kasus ringan. Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Yogyakarta ini kedapatan mencuri sepeda onthel.

Kanit Reskrim Polsek Bulaksumur AKP Eka Andi Nursanto menjelaskan, kejadian pencurian yang dilakukan Oscar Dela Hoya ini terjadi pada Kamis 10 Maret 2016 jam 23.00 Wib di Fakultas Fisipol UGM.

Saat itu Oscar melihat sepeda gunung seharga 10 juta kemudian diambil dan dibawa pulang. Beberapa hari kemudian pelaku mencoba menjualnya melalui online. Namun pemilik atau korban menemukan iklan tersebut dan melaporkannya ke Polsek Bulaksumur.

"Korban kemudian konfirmasi ke Polsek Bulaksumur seminggu kemudian ditindak lanjuti pura pura sebagai pembeli dan janjian di waralaba jalan Kaliurang. Lalu kita tangkap dan kita mintai keterangan dia sebagai pencurian tersebut," ujar Eka di Polsek Bulaksumur, Rabu (23/3/2016). 


Eka mengatakan pelaku yang tinggal di rumah kos daerah Karang Bendo, Caturtunggal, Depok Sleman ini sudah melakukan aksi pencurian yang ketiga kalinya.

Semuanya dijual melalui online. Sepeda onthel yang seharga 10 juta itupun dijual pelaku senilai Rp 6,5 juta. Pelaku mengaku mencuri untuk memenuhi kebutuhaanya. Sebab uang yang dikirim oleh orang tuanya tidak mencukupi kebutuhannya di Yogya.

"Semua sepeda dan semuanya lewat OLX. Untuk mencukupi kehidupannya karena uang kurang. Kita gak tahu itu, bisa juga memang gaya hidupnya yang boros," papar Eka.

 Berbeda dengan sosok petinju Oscar Dela Hoya yang terkenal tahan banting, Oscar yang diketahui sebagai mahasiswa asal Sumatra ini justru sering menangis karena telah ketahuan mencuri dan menyesali perbuatannya.

"Namanya Oscar De La Hoya, tapi cengeng. Tiap hari nangis terus di dalam. Ia menyesali perbuatan. Ga bisa kuliah lagi padahal senin mau ujian katanya," ujar Eka

Akibat perbuatannya Oscar Dela Hoya ini harus meringkuk di rutan Polsek Bulaksumur. Selain itu polisi sudah memberitahukan ke keluarganya jika anak atau anggota keluarganya Oscar ditahan karena kasus pencurian.

"Akan dikenakan pasal 362 KUHP tentang pencurian. Dengan ancaman 5 tahun," tandas Eka.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya