Petualangan Buronan Polda Riau Berakhir di Tangan Teman

Si buronan Polda Riau tersangka pencurian sawit itu kehabisan uang dalam upaya meloloskan diri dari penjara.

oleh M Syukur diperbarui 17 Mei 2016, 14:03 WIB
Diterbitkan 17 Mei 2016, 14:03 WIB
Buronan Polda Riau
Petualangan Buronan Polda Riau Berakhir di Tangan Teman.

Liputan6.com, Pekanbaru - Petualangan Iswanto, buronan yang kabur dari Rumah Sakit Bhayangkara Polda Riau akhirnya berakhir. Tersangka pencurian sawit itu sempat berkelana ke tiga kabupaten di Riau sebelum akhirnya kehabisan uang.

Saat kehabisan uang itu, ia sempat menghubungi istri dan temannya untuk dikirimi duit. Petugas yang mengetahui hal itu langsung memanfaatkan istri dan teman Iswanto untuk membekuknya.

"Ditangkap di kawasan Sungai Lala, Kabupaten Indragiri Hulu pada petang tadi. Awalnya dia kabur ke Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Indragiri Hilir," ujar Kabid Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo, Senin, 16 Mei 2016.

Guntur menyebutkan, setelah kabur pada Jumat pekan lalu dengan kondisi kaki terikat, kepolisian menginterogasi istri Iswandi dan meminta nomor ponsel. Kemudian, petugas melacak keberadaan Iswandi melalui sinyal ponsel.

Awalnya, tersangka diketahui berada di Kabupaten Pelalawan, Riau. Tim dari Polres Kuansing langsung memburu pelaku. Dalam perjalanan, jejak tersangka hilang setelah mematikan ponsel.

"Dalam pelariannya itu, tersangka menghubungi istri dan mengajaknya kabur ke kabupaten lainnya, yaitu di Indragiri Hilir," kata Guntur.

Di Indragiri Hilir, tersangka diketahui kabur ke dua kabupaten. Di sana, dia sudah membawa istrinya untuk kabur. Namun, sang istri akhirnya pulang setelah dihubungi keluarga di Kecamatan Tanah Logas, Kuansing.

"Di Indragiri Hilir, petugas kehilangan jejak karena lokasinya terpencil. Petugas terpaksa menggunakan sampan dan speed boat untuk mencari keberadaan tersangka Iswanto," tutur Guntur.

Dalam pelariannya, Iswanto kehabisan uang dan meminjam uang Rp 500 ribu. Awalnya, Iswanto ingin pergi ke rumah temannya tapi tidak jadi karena mencium keberadaan petugas.

"Akhirnya, petugas meminta bantuan teman Iswanto tersebut untuk memancing tersangka melakukan pertemuan dan berjanji memberikan uang. Di lokasi pertemuan, tersangka ditangkap," kata Guntur.

Sementara itu, Kapolres Kuansing AKPB Edy Sumardi menyebutkan, tersangka ditangkap berkat kerja sama antara Tim Opsnal Reskrim Kuansing dan Polres Indragiri Hulu.

"Tersangka sudah dibawa ke Mapolres untuk diperiksa dulu. Selanjutnya akan diproses terkait perbuatan pencurian sawit yang dilakukannya," kata Edy.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya