Waspada Gelombang Tinggi Pantai Bantul

Gelombang hingga setinggi empat meter mengancam perairan itu sampai sepekan ke depan.

oleh Liputan6 diperbarui 09 Jul 2016, 20:03 WIB
Diterbitkan 09 Jul 2016, 20:03 WIB
Ombak Tinggi
(Ilustrasi)

Liputan6.com, Yogyakarta - Waspadai gelombang tinggi pantai selatan di Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang mengancam selama libur Lebaran. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta memprediksi, gelombang hingga setinggi empat meter mengancam perairan itu sampai sepekan ke depan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul Dwi Daryanto mengatakan, kondisi gelombang Pantai Selatan Bantul sewaktu-waktu dapat berubah sesuai perubahan musim.

"Tipikal gelombang pantai selatan dengan pantai-pantai luar daerah berbeda, sehingga wisatawan perlu memahaminya. Boleh mereka bermain air di pantai, tetapi harus tahu persis daerah-daerah yang rawan," kata Dwi seperti dikutip dari Antara, Sabtu (9/7/2016).

Dwi berharap semua pengunjung pantai selatan selalu mengindahkan imbauan maupun peringatan terhadap bahaya gelombang pantai dengan tidak bermain air atau berenang hingga terlalu ke tengah pantai demi keselamatan dirinya.

"Wisatawan harus mengindahkan petunjuk dan rambu-rambu yang dipasang tim SAR di lapangan, kalau itu ditaati mudah-mudahan tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan," ujar Dwi.

"Mari saling membantu," Kepala BPBD Bantul itu menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya