Jet Darat Buatan UNY Mengaspal di Jepang September

Jet darat buatan UNY sebelumnya meraih juara di Korea Selatan.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 18 Agu 2016, 10:02 WIB
Diterbitkan 18 Agu 2016, 10:02 WIB
Jet Darat Buatan UNY Mengaspal di Jepang September
Jet darat buatan UNY sebelumnya meraih juara di Korea Selatan. (Dok. UNY)

Liputan6.com, Yogyakarta - Formula Garuda 16 (FG 16) dijadwalkan mengaspal di Shizouka, Jepang, dalam Student Formula Japan, 6-10 September mendatang. Jet darat yang baru diluncurkan oleh Garuda UNY Racing Team (GURT) ini merupakan pengembangan dari mobil sebelumnya, F-15.

Seluruh badan FG-16 menggunakan material serat karbon dengan berat keseluruhan 220 kg, lebih ringan 25 kg dari mobil sebelumnya F-15. Untuk aerodinamis, mobil dilengkapi dengan undertray dan diffuser.

Rangka FG-16 menggunakan jenis turbular steel space frame dan Limited Slip Differential (LSD) dengan axle shaft bermaterial baja AISI 4140. Tujuannya agar mampu mengimbangi kekuatan yang dimiliki oleh FG-16.

Selain itu, FG-16 Engine Control Management System memakai ECU Motec M400 yang dilengkapi dengan traction control dan telemetri data recording.

Kursi pengemudi disesuaikan dengan posisi punggung pengemudi yang juga berbahan serat karbon agar kuat dan ringan. Steering wheel juga bermaterial sama dengan pegangan kemudi yang berlapis karet untuk memberi kenyamanan bagi pengemudi.

Sistem keamanan FG-16 pada bagian depan menggunakan Impact Attenuator (crash box) bermaterial aluminium yang telah diuji kelayakan, sedangkan untuk bagian kokpit diselimuti dengan pelindung api bermaterial aluminium.

Sistem pemindah tenaga FG-16 memiliki enam percepatan dengan double shifter, yaitu electric shifter dan manual hand shifter. Secara umum, mobil jet itu menggunakan STKM 11A, tetapi pada bagian belakang menggunakan Real Bulkhead dengan material Aluminium 7075.

Sistem suspensi FG-16 memakai tipe unequal non parallel link arm dengan pull rod pada suspensi depan dan push rod pada suspensi belakang. Damper menggunakan tipe double barrel yang dilengkapi dengan compression dan rebound adjuster.

Sebagai fitur tambahan, mobil juga dilengkapi dengan anti-roll bar dengan suspension travel sensor, dan sistem rem yang memiliki dua master silinder dengan fix capiler yang terpasang pada keempat rodanya.

"Dengan spesifikasi yang mumpuni dan dukungan dari berbagai pihak, Garuda UNY Racing Team optimistis dapat mengharumkan nama baik Indonesia di negeri Matahari Terbit," ujar Rahmat Hidayat Asri, Humas GURT, Senin malam, 15 Agustus 2016.

Rektor UNY Rochmat Wahab mengungkapkan tim Garuda UNY telah mengibarkan bendera Merah Putih dalam 2016 International Student Car Competition di Songsan Myun Hwasungsi, Korea Selatan. "Tidak berhenti di Korea, tim juga siap berlomba ke Jepang," tutur Rochmat.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya