Soal Matematika Tak Bisa Diunduh Penuh, UNBK di 9 Kabupaten Jateng Kacau

Rata-rata peserta UNBK hanya bisa mengunduh soal ujian matematika UNBK 2018 sekitar 30-50 persen.

oleh Muhamad Ridlo diperbarui 10 Apr 2018, 21:01 WIB
Diterbitkan 10 Apr 2018, 21:01 WIB
Soal Tak Bisa Diunduh Penuh, UNBK di 9 Kabupaten Jateng Kacau
Pelaksanaan UNBK 2018 di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. (Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Liputan6.com, Banyumas - Ribuan siswa di 196 sekolah menengah atas (SMA) dan madrasah aliyah (MA) di sembilan kabupaten di Provinsi Jawa Tengah kacau lantaran soal matematika pada hari kedua Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK 2018) tak bisa diunduh penuh, Selasa (10/4/2018).

Di 196 SMA/MA sekolah Jawa Tengah tersebut, soal mata pelajaran matematika dalam UNBK 2018 tak lengkap atau hilang. Rata-rata hanya bisa diunduh sekitar 30-50 persen.

Kepala Seksi SMK Balai Pengendali Pendidikan Menengah dan Khusus (BP2MK) Wilayah 5 Banyumas, Kustrisaptono tak menjelaskan penyebab gangguan ini secara detail. Dia hanya menyebut tak bisa diunduhnya seluruh soal matematika dalam UNBK 2018 itu karena kendala teknis.

Kesembilan daerah yang terdampak yakni Kabupaten Magelang, Banjarnegara, Purbalingga, Temanggung, Wonosobo, Karanganyar, Sragen, dan Batang. Total di sembilan kabupaten tersebut ada 602 server yang terdampak gangguan ini.

Data di BP2MK, di Kabupaten Magelang terdapat 42 server UNBK 2018 yang terkena gangguan. Kabupaten Banjarnegara 86 server, Kabupaten Purbalingga 80 server, Kabupaten Temanggung 81 server.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Solusi untuk Siswa

Ujian Praktek siswa penghayat kepercayaan di Cilacap, Jawa Tengah. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)
Ujian Praktek siswa penghayat kepercayaan di Cilacap, Jawa Tengah. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Selanjutnya, Kabupaten Wonosobo 78 server, Kabupaten Karanganyar 75 server, Kabupaten Sragen 86 server, dan Kabupaten Batang 74 server.

"Ada jumlahnya, kalau yang terdampak (di region Banyumas) Kabupaten Banjarnegara dan Purbalingga. Yang jelas itu, kami itu, soal yang diunduh tidak lengkap. Rata-rata hanya 30-50 persen," dia menjelaskan, Selasa petang, 10 April 2018.

Di dua wilayah tersebut, jumlah server bermasalah masing-masing 86 server di Banjarnegara dan 80 server di Purbalingga.

Meski begitu, ia menjamin kendala itu tak sampai menggagalkan penyelenggaraan UNBK. Sebab, gangguan itu bisa diatasi dengan cara sinkronisasi ulang oleh proktor atau teknisi UNBK yang telah disiapkan di masing-masing ruangan ujian.

Jika waktu menggarap soal tak cukup lantaran proses sinkronisasi, siswa bisa meminta tambahan waktu UNBK sore ini. Adapun siswa yang tak mengikuti sesi tambahan juga masih diberi kesempatan untuk mengikuti ujian ulang di waktu yang akan ditentukan.

"Ada kesempatan, yang pertama disinkronkan kemudian ikut. Kedua, karena situasinya sudah seperti ini, ya ikut ujian susulan. Itu sudah diketahui oleh masing-masing penyelenggara secara nasional," Kus menegaskan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya